Bnatuan Pangan (sembako) Pemkab Bireuen

KABAR BIREUEN– Dinas Sosial Bireuen akan kembali melanjutkan penyaluran bantuan sembako Pemkab Bireuen kepada warga miskin terdampak Covid-19 ke sejumlah kecamatan lainnya di Bireuen, Senin pekan depan, 27 April 2020.

Hal itu dikatakan kepala Dinas Sosial Bireuen melalui Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial, Faisal Kamal S.Sos kepada Kabar Bireuen, Jumat (24/4/2020) menanggapi keluhan lambatnya penyaluran bantuan sembako tersebut oleh sejumlah keuchik dan Anggota DPRK Bireuen.

Diakuinya, sampai saat ini memang baru satu kecamatan saja, yaitu Kota Juang yang sudah menyelesaikan penyaluran sembako berupa 10 kg beras, 1 dus mie instan serta 1 kg minyak goreng kepada warga.

“Penyaluran sembako secara simbolis dilakukan di Kota Juang. dan sudah disalurkan ke semua desa, kecuali di Gampong Bireuen Meunasah Capa yang ditolak dan minta dikembalikan,” ungkapnya.

Sementara untuk kecamatan lainnya rencanaya akan disalurkan pada Senin depan, diantaranya ke Kecamatan Jeumpa, Samalanga dan Jeunieb.

Faisal Kamal, S.Sos, Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinsos Bireuen

Disinggung apakah lambatnya penyaluran tersebut akibat armada pengangkut bantuan sembako yang kurang, Faisal menyebutkan, tak ada kendala dengan armada untuk mengangkut sembako. Kalau pun nanti dibutuhkan, akan diusahakan meminta bantuan truk TNI.

“Sebelum disalurkan ke kecamatan lain, kita melakukan evaluasi terhadap penyaluran di Kecamatan Kota Juang, sehingga tak terjadi persoalan nantinya. Selain itu, juga karena kemarin bertepatan dengan meugang dan jelang puasa, makanya penyaluran akan dilanjutkan Senin depan,” jelasnya.

Faisal menambahkan, khusus untuk Kecamatan Jeumpa, pihaknya sudah mengadakan rapat atau pertemuan dengan Camat Jeumpa dan sejumlah keuchik terkait mekanisme penyaluran sembako di kecamatan tersebut.

“Dari hasil pertemuan, keuchik akan mengambil bantuan sembako di gudang Dinsos untuk dibawa pulang ke desanya dan akan dibantu biaya transportasi. Kebetulan kantor dinas terletak di Kecamatan Jeumpa serta lokasinya juga tidak berjauhan dari desa-desa di wilayah Kecamatan tersebut,” katanya.

Selanjutnya, sebut Faisal, sembako tersebut akan diantar ke rumah warga oleh Dinsos dengan bantuan Pendamping PKH, TKSK, Tagana  serta Karang Taruna. (Ihkwati/*)

 

 

BAGIKAN