KABAR BIREUEN –  Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada, M Phil  meresmikan Renovasi Mako Polres Bireuen, Kamis petang (4/3/2021).

Peresmian tersebut ditandai dengan penanda tanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Kapolda Aceh didampingi Bupati Bireuen Dr H Muzakkar Agani,SH, M Si dan unsur Forkopimda Bireuen.

Kapolda Aceh dalam sambutannya antara lain mnyampaikan terima kasih kepada Bupati Bireuen yang telah memberikan perhatian penuh terhadap renovasi Mako Polres Bireuen yang telah selesai dibangun dengan baik.

Dikatakan, polisi adalah aparat negara yang bertanggung jawab dibidang Kamtibmas. Dengan selesainya pembangunan renovasi Mako Polres Bireuen sesuai kebutuhan diharapkan aparat Polres Breuen agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam mencari keadilan hukum.

Kapolres Bireuen dalam laporannya menyampaikan  selamat datang kepada Kapolda Aceh beserta rombongan dalam rangka peresmian Renovasi Mako Polres Bireuen.

Dikemukakan, Kabupaten Bireuen yang luas wilayahnya 1.901,22 Km bujur sangkar membawahi 17 Kecamatan, 75 Mukim, dua kelurahan dan 609 desa dengan jumlah penduduk 47.635 jiwa.

Kota Juang Bireuen dikenal sebagai Kota Juang dalam memperjuangan dan mempertahankan kemerdekaan Ri 75 tahun silam juga sebagai Kota Santri yang memiliki 154 pesantren/dayah dengan jumlah santri sebanyak 57.300 orang.

Kapolres Bireuen juga menjelaskan, bahwa lokasi Mapolres Bireuen dengan luas 21.179 meter bujur sangkar memiliki bangunan 3.191 meter bujur sangkar dan  564 orang personil terdiri dari 559 Polri dan PNS.  Polres Bireuen memiliki 10 Polsek, 3 Sub Sektor, 4 Pospol dan satu Satpol Air.

Dikatakan, sejarah berdirinya Polres Bireuen diawali pada tahun 2003, masih berstatus Polres Persiapan Pemekaran dari Polres Aceh Utara menempati kantor sementara di kantor Polsek Kota Juang saat Kapolres dijabat Kompol Laksa Widiana, SIK.

“Tahun 2004 dibangun Mako Polres Bireuen berlokasi di Desa Cot Buket Kecamatan Peusangan dengan Kapolres dijabat AKBP Drs Handono Warih,SH. Tahun 2005 diresmikan Mako Polres Bireuen dengan Kapolres dijabat AKBP Suprianto Tarah, MM,” sebutnya.

Seiring dengan perjalanan waktu, pelayanan terhadap masyarakat yang semakin bertambah, sehingga Mapolres Bireuen sudah kurang representatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pada tahun 2018, disaat Kapolres dijabat AKBP Riza Yulianto,SE, Pemkab Bireuen merespon Renovasi Mako Polres Bireuen. Pambangunan renovasi  dilanjutkan pada masa Kapolres dijabat AKBP Gugun Hardi Gunawan,SIK,M Si dan selesai pembangunannya pada masa Kapolres dijabat AKBP Taufik Hidayat,SH,SIK, M Si.

Hal tersebut ditandai dengan penyerahan hibah dari Pemkab Bireuen dilaksanakan tiga tahap dengan total dana sebesar Rp 6.224 miliar lebih.

“Bangunan renovasi Mako Polres Bireuen memiliki 45 ruang kantor, satu ruang tahanan dengan kapasitas 80 orang dan pelayanan kepada penyandang disabilitas,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Taufik Hidayat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bireuen yang tah membantu pembangunan Mako Polres yang sekarang terlihat megah dan diresmikan hari ini.

Peresmian Renovasi Mako Polres Bireuen turut dihadiri pejabat utama Polda Aceh, Danrem 011/LW, Ketua DPRK Bireuen, Bupati Bireuen, para Kadis di lingkungan Pemkab Bireuen,  Dirut PT Takabeya Perkasa H Mkhlis A Md dan para Kepala BUMN/Perbankan. (H.AR Djuli).