KABAR BIREUEN-Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah / 2022 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Syariat Islam (DSI) Bireuen menggelar Pawai Takbir Keliling Berjalan Kaki.

Pawai yang  diikuti ratusan peserta terdiri dari PNS dalam Lingkungan Pemkab Bireuen, dilepas langsung secara resmi oleh Bupati Bireuen, Dr.H.Muzakkar A.Gani,S.H.,M.Si.

Pawai takbiran ini mengambil start dan finish di Meuligo Bireuen. Minggu, (1/5/2022) malam,

Pelepasan pawai takbir ditandai dengan lantunan takbir pertama oleh Bupati Bireuen dilanjutkan pemukulan beduk.

Rute yang mereka lalui melintasi beberapa jalan yang ada dalam Kota Bireuen dengan jarak temput diperkirakan mencapai 2 kilometer, diantaranya Jalan Andalas, Mawar, Ramai dan Jalan Jati.

Kemudian, Jalan Listrik, Cut Mutia, RSUD dr Fauziah dan finish di Meuligo Bireuen.

Bupati Bireuen, Muzakkar A.Gani, dalam sambutannya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur panitia pelaksana baik sipil, TNI maupun Polri yang telah mempersiapkan segala sesuatu sehingga acara ini dapat berjalan sesuai harapan semuanya.

Dikatakan, pada malam yang membahagiakan ini, seluruh umat muslim di tanah air mengumandangkan takbir, tahlil dan tahmid, untuk mengagungkan kebesaran Ilaahi Rabbi, memuji-Nya dan memanjatkan rasa syukur kepada-Nya.

“Untuk itu, mari kita jadikan momentum pawai takbiran Idul Fitri 1443 Hijriyah ini, sebagai landasan untuk membangun kebersamaan dalam menyukseskan cita-cita pembangunan, di kota yang kita sebut dengan kota santri ini,” jelasnya.

Selain itu, melalui pawai takbir ini diharapkan dapat menjadi media untuk mempererat silaturrahim, baik antar sesama muslim maupun antar umat beragama lainnya.

Sehingga kegiatan ini dapat menjadi ajang syiar Islam yang mencerminkan ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi, yang merupakan implementasi dari ajaran Islam yang rahmatan lil’aalamin.

Bupati menambahkan pawai takbiran pada malam ini, diikuti seluruh SKPK dalam Kabupaten Bireuen.

“Kepada para peserta, kami menghimbau untuk mengikuti arak-arakan dengan tertib sesuai dengan rute, serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia, sehingga pawai takbiran ini berlangsung aman, lancar dan sukses,” sebutnya.

Tampak  hadir pada pelepasan pawai takbir tersebut, diantaranya Pimpinan DPRK Bireuen, Unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan dan Kantor. Kakankemenag Bireuen dan sejumlah Camat. (Herman Suesilo)