KABAR BIREUEN-Pemerintah Gampong Balee Me, Kecamatan Kuta Blang, Bireuen menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kedua untuk bulan Mei 2020, pada Selasa 16 Juni 2020 di Kantor Keuchik setempat.

Keuchik Balee Me, Muammar Kadafi, S.Pd.I mengatakan, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang diserahkan kepada warga sebesar Rp 600 ribu per bulan.

Penyaluran BLT tahap kedua dilaksanakan oleh perangkat desa bersama Relawan Desa Lawan Covid-19 dan turut dihadiri muspika serta Babinsa setempat.

“Sebelumnya, ada 13 Kepala Keluarga (KK) yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat, proses penyaluran dilakukan melalui Kantor Pos Gandapura,” kata Keuchik Muammar Kadafi, yang dikutip media ini pada Selasa (16/6).

Kadafi, sapaan akrab Muammar Kadafi menjelaskan, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT-DD sebanyak 12 Kepala Keluarga (KK) diterima hari ini dan disalurkan setelah BST supaya tidak ada kecemburuan sosial.

Menurut Kadafi, mereka yang menerima bantuan merupakan masyarakat miskin imbas Covid-19 dan orang sakit menahun.

“Relawan Desa Lawan Covid-19 telah melakukan pendataan dan verifikasi untuk menghindari adanya calon KPM BLT-DD yang telah menerima bantuan dari sumber lain, setelah pendataan kita lakukan, data calon penerima BLT-DD kita sampaikan kepada Tuha Peuet,” sebut Keuchik Kadafi.

Kadafi berharap, BLT-DD tersebut dapat dimanfaatkan oleh KPM untuk kecukupan sehari-hari di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang pandemi.

Sementara itu, Camat Kuta Blang, Mukhsen, S.Ag mengatakan, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap desa desa dalam mengelola Dana Desa, terutama penggunaan dana untuk pencegahan Covid-19.

“KPM BLT-DD itu sudah sesuai prosudur Musyawarah Gampong Khusus (Musgamsus) tentang verifikasi dan validasi data calon penerima BLT-DD,”¬† kata Mukhsen.(Ihkwati)

BAGIKAN