KABAR BIREUEN – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kabupaten Bireuen, melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD), menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2021.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Dinas P dan K Bireuen, Drs, M. Nasir, M.Pd yang diwakili Kabid Pembinaan SD, Alfian, M.Pd, di Aula SKB, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan yang menggusung tema “Eksplorasi Talenta Seni Dan Budaya Pada Masa Pandemi Untuk Indonesia Pulih” yang diselenggarakan selama dua hari (17-18/6/2021) ini, diikuti ratusan peserta tingkat SD se-Kabupaten Bireuen.

Dalam arahannya, Alfian menjelaskan, seni merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam pendekatan pendidikan yang lebih humanistik, karena ilmu seni merupakan ilmu tentang estetika (keindahan).

Karya seni yang berupa seni tari, seni suara, seni musik, seni rupa, dan berbagai karya seni lainnya sangat kaya memuat pesan tentang nilai-nilai keutamaan, kebajikan, dan kebijaksanaan.

“Sehingga, pentingnya penyelenggaraan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) sebagai bagian dari pengembangan talenta seni dalam setiap peserta didik di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Selain itu, agar potensi talenta yang dipunyai bangsa ini bisa menjadi aktual, sinergis, dan berkontribusi kepada percepatan pembangunan secara komprehensif.

Alfian menjelaskan, FLS2N juga merupakan bagian aktivitas pengembangan bidang seni bagi peserta didik, sehingga Puspresnas akan terus mengembangkan FLS2N menjadi lebih dinamis dan terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Disebutkannya, ada delapan cabang mata lomba, yang diperlombakan dalam festival ini, yakni Membatik, Kriya Anyam, Gambar Bercerita, Tari Garapan Baru, Kesenian Tradisi, Vokal Solo, Pantomim dan Baca Puisi.

Sebagai wujud mendukung program pemerintah dalam pencegahan Covid-19, festival ini diperlombakan di dua lokasi berbeda.

Mata lomba Tari Garapan Baru, Kesenian Tradisi, Vokal Solo, Pantomim dan Baca Puisi diperlombakan di Aula SKB Dinas P dan K Bireuen.

Kemudian, Membatik, Kriya ayam dan mata lomba Gambar Bercerita, diperlombakan di SDN 1 Bireuen.

“Kepada juara-juara di setiap mata lomba yang dipertandingkan, kita beri piala, piagam dan uang pembinaan,” kata Kabid Pembinaan SD ini. (Herman Suesilo /*)