KABAR BIREUEN – Acara temu bareng sekaligus silaturahmi antar pelajar Aceh-Hadhramaut, Yaman yang diadakan pada Jumat (05/10/2018) lalu berjalan lancar.

Acara dimulai setelah salat Jum’at waktu setempat di Apartemen Ar-Rahmat, Tarim, Hadhramaut, Yaman.

Acara tersebut dihadiri oleh pelajar Aceh dari berbagai lembaga pendidikan di Hadhramaut, Yaman. Tercatat, pelajar Aceh yang sedang menimba ilmu di bumi ‘Para Wali’ tersebut tersebar di berbagai lembaga, seperti Darul Mustafa, Universitas Al-Ahgaff, Madrasah Al-Idrus, Darul Madinah, Ribat Al-Muhajir Husaisah, Ribat Al-Fatah Sewun, Ribat Hami dan beberapa lembaga lainnya.

Selain untuk merajut silaturahmi, acara tersebut diadakan bertujuan untuk menentukan nama wadah keluarga pelajar Aceh-Hadhramaut, Yaman sekaligus pemilihan ketua baru periode 2018/2019.

Serangkaian acara meliputi makan siang bersama, pembukaan, sambutan demisioner ketua lama, penentuan nama wadah keluarga Aceh-Hadhramaut, pemilihan ketua baru dan penutupan sekaligus doa.

Acara dibuka oleh Yunalis Abdul Gani, mahasiswa pascasarjana Universitas Al Ahgaff itu, dalam pembukaannya, menjelaskan visi dan misi dari pembentukan wadah keluarga Aceh-Hadhramaut, Yaman.

Selain sebagai wadah silaturahmi pelajar Aceh yang berdomisili di Hadhramaut, Yaman, wadah ini juga bertujuan untuk merajut kembali tali silaturahmi antara Aceh dan Hadhramaut, Yaman yang sudah terjalin semenjak dahulu.

Sementara itu, demisioner ketua lama, Ansharuddin dalam sambutannya berharap dengan terbentuknya wadah ini, semoga hubungan silaturahmi pelajar Aceh-Hadhramaut kedepannya akan semakin membaik lagi.

Dilanjutkan dengan acara penentuan nama wadah keluarga yang dilakukan dengan voting suara.

Dari beberapa nama yang diusulkan, nama WASILAH Yaman (Wadah Silaturahmi Aceh-Hadhramaut, Yaman) adalah nama yang memperoleh suara paling unggul. Secara resmi nama tersebut ditetapkan sebagai nama wadah keluarga pelajar Aceh-Hadhramaut, Yaman.

Sesuai dengan nama WASILAH yang mempunyai arti penghubung, semoga wadah keluarga ini menjadi penghubung tali silaturahmi dan ukhuwah pelajar Aceh-Hadhramaut, baik ketika berada di Hadhramaut maupun ketika sudah pulang ke Aceh nantinya.

Selain itu, dalam acara itu juga, Muhammad Iqbal, mahasiswa tingkat akhir Universitas Al-Ahgaff, terpilih sebagai ketua WASILAH Yaman 2018-2019 secara voting suara.

Acara demi acara berjalan tertib hingga berakhir dengan penutupan serta patah nasehat yang disampaikan oleh Al Habib Haikal Al Idrus tepatnya jam 4.30 waktu Yaman. (Yunalis Abdul Gani B.Sc, mahasiswa pascasarjana Universitas Al Ahgaff, Yaman, asal Cot Trieng, Simpang Mamplam, alumnus Ummul Ayman, Samalanga).