KABAR BIREUEN – Menurut pemantauan Dirlantas Polda Aceh, pergerakan kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor di wilayah Aceh, sejak hari Kamis, 11 Februari 2021, sudah mulai menunjukkan adanya peningkatan. Puncaknya diperkirakan akan terjadi pada malam Jumat.

Demikian keterangan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani SIK MH, dalam siaran tertulisnya di Banda Aceh, Kamis (11/2/2021).

Menurut Dicky Sondani, masyarakat Aceh banyak ke luar kota untuk menikmati libur panjang yang jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek.

“Tingginya masyarakat yang akan bepergian keluar kota, akan menimbulkan ancaman Kamtibmas, seperti kecelakaan, kemacetan dan pelanggaran lalulintas,” jelasnya.

Karena itu, Dirlantas Polda Aceh mengimbau kepada masyarakat, agar mempersiapkan diri sebelum mengemudi kendaraan bermotor. Cek dulu dengan baik rem, ban, stir dan lampu.

“Apabila ngantuk atau lelah saat mengemudi, diwajibkan untuk istirahat dulu, karena sangat rawan terjadi laka lantas,” imbaunya.

Ditlantas Polda Aceh, kata Dicky Sondani, akan menyiagakan personel 24 jam di daerah rawan laka lantas dan rawan kemacetan. Hal ini, sebagai salah satu bentuk pelayanan prima dari Polantas Polda Aceh, yang selalu memberikan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

“Ditlantas Polda Aceh juga mengimbau kepada masyarakat saat liburan, tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai akibat libur panjang, terjadi ledakan Covid-19 di Aceh. Mari kita berupaya keras supaya Aceh kembali menjadi zona hijau,” harap Dicky Sondani. (REL)