KABAR BIREUEN- Plt Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh, Drs H Djulaidi Kasem MAg berharap kepada para pegawai di jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen dalam menjalankan tugas supaya bersikap jujur dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

“Dalam melaksanakan tugas, seperti beribadah dan mengurus jenazah. Beribadah dijalankan sesuai dengan tuntunan, tidak perlu ditambah ataupun dikurangi. Mengurus jenazah juga demikian, yang wajib itu disegerakan jangan ditunda-tunda. Demikian juga dalam melaksanakan tugas dan memberi pelayanan kepada masyarakat,” kata Plt Kakanwil Kemenag Djulaidi Kasem ketika meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kemenag Bireuen, Selasa (30/6/2020).

Peresmian PTSP itu disaksikan oleh Kakan Kemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Aceh yang diwakili Kasi Kesiswaan, Dra Hj. Saudah Pakeh MPd, Kepala Madrasah, dan perwakilan kepala KUA.

Di bagian lain Drs H Djulaidi juga mengharapkan kepada Kankemenag Kabupaten Bireuen terus melakukan berbagai inovasi untuk mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Pelayanan Terpadu Satu Pintu itu merupakan salah satu ikhtiar dalam mewujudkan salah satu program direktif Bapak Menteri Agama,” sebutnya.

Lanjut dia, melalui PTSP masyarakat akan dapat mengakses dengan mudah dan cepat beberapa jenis layanan yang diselenggarakan secara terintegrasi dalam satu tempat dan dikontrol oleh sistem pengendalian manajemen.

Selain itu kata Plt Kakanwil Kemenag Aceh itu dengan adanya PTSP juga dapat meminimalisasikan interaksi antara pengguna pelayanan dengan petugas dalam rangka terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Pada kesempatan itu, Drs H Djulaidi mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan penanganan Covid-19 dalam memberikan pelayanan di masa Pandemi, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Patuhilah segala aturan terkait corona dan jangan hanya menjadikannya sekedar formalitas. Jadikanlah sebagai kebiasaan kita sehari-hari dengan tujuan untuk menyelamatkan diri, keluarga dan bangsa kita,” pinta Djulaidi

Sementara Kakan Kemenag Kabupaten Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd mengatakan, PTSP merupakan mekanisme layanan baru di Kankemenag Bireuen, dimana pengguna jasa akan mudah mengakses layanan.

“Begitu masyarakat datang, langsung dilayani dengan seluruh produk layanan yang ada di kantor ini. Dan akan diselesaikan dalam jangka waktu yang telah ditentukan,” papar Zulkifli Idris.

Dengan diresmikannya PTSP itu dijanjikan Kakankemenag Bireuen akan memaksimalkan atau mempermudah dan mempercepat pelayanan.

“Mengurangi beban administrasi, menghindari duplikasi pendataan, terbangunnya citra yang baik, dan dapat mencegah terjadinya KKN, menuju tata kelola pemerintahan yang bersih, akuntabel, dan terpercaya,” sebut Zulkifli Idris.

Setelah meresmikan PTSP di Kankemenag Bireuen di Desa Cot Gapu, Bireuen, Plt Kakanwil itu dengan didampingi Kakankemenag Bireuen Zulkifli Idris meninjau kesiapan proses belajar mengajar di MTsN 2 Bireuen dan MAN 3 Bireuen di Desa Matang Sago, Kecamatan Peusangan.

Pada kesempatan itu Kepala MAN 3 Bireuen, M Nasir SPd melaporkan kepada Plt Kakanwil Kemenag Aceh itu tentang kondisi ruang kantor yang sudah tidak layak digunakan karena terendam banjir. (Rizanur)

BAGIKAN