KABAR BIREUEN–Usai melaksanakan shalat Ied 1441 hijriah, setelah mengunjungi orang tua dan saudara-sudaranya sudah menjadi tadisi bagi masyarakat Aceh di Kabupaten Bireuen dan luar Bireuen berbondong-bondong silih berganti  mengunjungi Ulama kharismatik H Abu Tumin di Blang Bladeh.

Plt Bupati Bireuen DR H Muzakkar A Gani, SH, M Si, setelah berhalal bi halal Idul Fitri 1441 hijriah dengan masyarakat Bireuen di rumah kediamannya Jalan Gayo Desa Meunasah Capa,  bersama para Asisten, staf ahli,  Kadis, Badan, Kantorf dan para Camat pada lebaran hari ketiga Idul Fitri Selasa siang (26/5/2020) melaksanakan kunjungan halal  bi halal ke rumah Ulama kharismatik H Abu Tumin di Blang Bladeh.

Kunjungan Plt Bupati Muzakkar A Gani bersama para pejabat Pemkab Bireuen yang berseragam dinas lengkap disambut H Abu Tumin dan Camat Jeumpa Tarmizi ST. Plt Bupati bersama para pejabat  satu persatu berlutut bersalaman dengan menciumi telapak tangan H Abu Tumin sebagai rasa hormat bagi Ulama kharismatik pewaris Nabi.

Usai berhalal bi halal dengan Ulama H Abu Tumin, Plt Bupati bersama rombongan melanjutkan kunjungan halal bi halal denga Ulama kharismatik Tu Sop di Jeunieb, H Waled Nu dan H Abu Mudi di Samalanga.

Tradisi masyarakat Aceh mengunjungi (berhalal bi halal) di Hari Raya Idul Fitri ke rumah Ulama masih sangat kental. Makna Ulama dalam bahasa Arab adalah, ilmuan dan dalam bahasa Indonesia adalah orang yang ahli dalam Ilmu Agama Islam.

Ulama sebagai pewaris para Nabi ( Waratsatul Ambia) dan lampu penerang (petunjuk) bagi ummat dengan aturan Islam laksana bintang-bintang di langit yang memberikan pentunjuk dalam kegelapan bumi dan laut (HR Ahmat).

Tradisi Halal bi Halal yang masih sangat kental bagi masyarakat Aceh memiliki tiga hal penting yaitu silaturahim saling kunjung mengunjungi, saling bermaaf maafan dan saling berbagi hadiah merupakan tradisi perwujudan kreatif pengamalan ajaran Islam.

Silaturahim rahim sangat dianjurkan didalam Islam. Silaturahim rahim berarti menyambung tali kasih sayang. Kasih sayang bisa terputus karena marah, permusuhan dan tidak adanya komunikasi. Dengan silaturrahim rezeki lebih lapang dan umur lebih panjang.

Sabda Rasulullah Saw, “ Siapa yang ingin bertambah rezekinya dan dipanjangkan umurnya hndaknya ia menghubungkan silaturrahim. Orang beriman adalah mereka yang pemaaf, segera memaafkan kesalahan orang lain bahkan sebelum orang yang bersalah meminta maaf. Dilarang memendam kemarahan dan dendam kepada orang lain melebihi tiga hari. (HR Al Bukhari).

Amatan Kabar Bireuen, meskipun saat ini masih kondisi covid-19 kunjungan halal bi halal Plt Bupati dan rombongan ke beberapa ulama kharismatik Bireuen berlangsung khidmat, dan masyarakat yang saling kunjung mengunjungi sesama saudaranya di desa-desa berjalan lancar dan aman. (H.AR Djuli/*).

BAGIKAN