KABAR BIREUEN –Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK KNPI) Gandapura, Kabupaten Bireuen menggelar donor darah di Alun-alun Keude Guruegok, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, Senin (24/8/2020).

Kegiatan dalam rangjaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-75 ini digelar PK KNPI Gandapura bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD dr Fauziah, guna membantu masyarakat yang membutuhkan, pasca mewabahnya pandemi covid-19.

Pada kesempatan itu, PK KNPI Gandapura juga menyerahkan hadiah berupa piagam penghargaan, t-shirt, dan uang pembinaan kepada para pemenang lomba vidio pantun, yang digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 sejak 17 Agustus lalu.

Ketua panitia pelaksana, Roza Fauzi mengatakan, darah yang terkumpul pada kegiatan ini sebanyak 23 kantong. Kami pemuda Gandapura akan terus berupaya untuk melakukan hal positif dan bermanfaat kepada masyarakat.

“Hasil darah yang terkumpul nantinya, akan disimpan di bank darah UTD RSUD dr Fauziah Bireuen sebagai persediaan jika masyarakat membutuhkan darah, termasuk pasien yang mungkin dinyatakan positif Covid-19. Aksi ini diharapkan bisa membantu pihak rumah sakit dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat,” jelas Roza.

Ditambahannya, manfaat dari donor darah dapat meningkatkan produksi sel darah merah, karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Kemudian, Sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang.

“Jika melakukan donor darah secara rutin, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar melalui sirkulasi sel darah yang tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus corona,” sebut Roza.

Sementara itu, Kepala UPTD RSUD dr Fauziah, Wardati, SKM disela-sela kegiatan menyebutkan, kami sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PK KNPI Gandapura ini.

“Jika ada instansi, Ormas dan OKP yang berinisiatif melakukan aksi donor darah, pihaknya siap melakukan tugas kemanusiaan,” katanya.

Kondisi ketersediaan stok darah di UPTD Transfurtasi Darah RSUD dr Fauziah Bireuen saat ini, kata wardati, sudah mulai stabil. Mengingat, sudah ada beberapa instansi, Ormas dan OKP di Bireuen yang menggelar aksi donor darah.

“Hingga saat ini aman-aman saja, hanya golongan darah A dan AB yang kurang stok. Sementara golongan darah A, sering kali mengalami krisis ketersediaan di rumah sakit,” ungkap Wardati.(Ihkwati)

BAGIKAN