KABAR BIREUEN-Petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kabupaten Bireuen, membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang selokan depan Pendopo Bupati Bireuen.

Petugas kebersihan yang dikoordinir mandor Samsuar, membersihkan berbagai jenis sampah yang menumpuk dalam selokan tersebut, pada Rabu. (2/12/2020), setelah dibersihkan sampah tersebut diangkut dan dibuang di tempat pembuangan akhir.

Kepala Dinas LKH Bireuen, Drs Murdani saat dihubungi Kabar Bireuen, mengatakan, pembersihan selokan ini dilakukan karena sampah sudah banyak yang menumpuk.

Menurutnya, sampah tersebut terdiri dari berbagai jenis, antara lain dedanuan dari pohon asam yang berguguran, plastik bekas kemasan air mineral dan berbagai jenis sampah lainnya.

Murdani menjelaskan, dampak dari pembuangan sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan yang kurang menyenangkan, menimbulkan bau tidak sedap, hidup menjadi tidak bersih dan sehat sehingga dapat mendatangkan berbagai penyakit.

“Kami mengimbau kepada masyarakat marilah sama-sama menjaga lingkungan sekitar dengan membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya agar hidup kita menjadi sehat dan bersih,” harap Kadis LHK Bireuen ini. (Herman Suesilo).