KABAR BIREUEN-Kepala Dinas Pemuda Olahraga Parawisata (Disporapar) Kabupaten Bireuen, Muhammad Al Muttaqin S.Pd, M.Pd, Sabtu (19/9/2020) pagi memantau langsung latihan persiapan awal kesenian tradisional Rabani Wahid di SMPN 1 Bireuen.

Kehadiran Kadisporapar di sekolah itu didamping Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Reza Fitria, M.Sc, Kasie Ekonomi Kreatif Disporapar Bireuen, Azhari, S. Pd ,M.Pd, Kasie Pengembangan Pemasaran dan Industri Disporapar Bireuen, Drh. Mahdalena

Rabani Wahid, kesenian asli Bireuen akan diikutsertakan pada Festival Daring Pertama dengan Host Kabupaten Majalengka yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, dalam rangka Hari Sumpah Pemuda pada Oktober 2020.

Disela-sela kunjugannya, Kadisporapar Bireuen, Muhammad Al Muttaqin kepada wartawan mengatakan, Kabupaten Bireuen salah satu dari 16 kabupaten/kota di Indonesia yang terpilih berdasarkan Berita Acara Uji Petik PMK3I untuk mengikuti Festival Jejaring Seni Pertujukan Nasional.

Festival tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan dikenal potensinya pada kabupaten/kota di seluruh Indonesia

Dipilihnya Rabbani Wahed sebagai ikon pertunjukan, dengan pertimbangan sebagai seni tradisi asli Bireuen yang telah memperoleh Warisan Budaya Tak Benda tahun 2016.

“Kegiatan ini merupakan tantangan baru bagi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen,” kata Al Muttaqin.

Dijelaskan, nantinya kegiatan ini akan melibatkan pelaku ekonomi kreatif ABCGM yaitu akademisi Almuslim, Bisnis Yaitu DELTA intermedia, komunitas yaitu Dewan Kesenian Aceh Kabupaten Bireuen dan Rangkang Sastra, pemerintah yaitu Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Bireuen dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen yang terakhir media yaitu Kabar Bireuen

Disporapar juga bermitra dengan Rangkang Sastra sebagai tim teknis kegiatan terkait sistematisk pertunjukan yang direncanakan akan dilakukan tapping video di gedung Bantuan Bekraf di Universitas Almuslim.

Menurutnya, Bireuen akan tampil dengan 5 kabupaten/kota lainnya di Indonesia diantaranya Deli Serdang, Gianyar Bali, Tanjung Pinang, Sragen dan sebagai penghela kegiatan adalah Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Bireuen, Ibrahim Harun, S.Pd, MSM menyebutkan, suatu kebanggan bagi SMPN 1 Bireuen, atas kunjungan rombongan Disdikporapar Bireuen dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, untuk menglihat langsung persiapan awal latihan ini

“Ada 14 orang penari yang bergabung dalam kesenian tradisional Bireuen ini, mereka adalah siswa kelas 7 dan 8 SMPN 1 Bireuen, ” jelas Ibrahim Harun.

Ibrahim Harun mengucapkan terima kasih atas dilibatkan kesenian Rabani Wahid dari Sanggar Kesenian SMPN 1 Bireuen diikutsertakan pada festival tersebut. (Herman Suesilo)

BAGIKAN