KABAR BIREUEN – Murid dan guru MIN 50 Bireuen mengikuti zikir bersama dilanjutkan membaca Surah Yasin dan tausiah memperingati Hari Santri Nasional tahun 2020, Kamis (22/10/2020) pagi.

Sebelum masuk kelas dua ratusan murid kelas III dan IV serta dewan guru duduk rapi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan mengikuti zikir bersama. membaca Surah Yasin dilanjutkan dengan doa bersama dan mendengarkan tausiah.

Zikir dan doa bersama serta shalawat dipimpin guru, Asrul SPdI dan Muhammad Ikbal MPd, sementara tausiah disampaikan oleh kepala madrasah tersebut, Darmawati MAg.

Dalam tausiyahnya, Darmawati menjelaskan antara lain pengertian hari santri dan kenapa diperingati hari santri nasional.

“Peringatan hari santri nasional untuk mengingat dan meneladani semangat jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdekaan Indonesia yang digelorakan para ulama,” katanya.

“Ayo anak-anak, tunjuk tangan yang mau jadi santri setelah tamat di sekolah ini,” pintanya.

Sejumlah murid pun mengacungkan tangan, pertanda ingin melanjutkan pendidikan ke dayah atau pesantren.

Ia juga menyebutkan, hampir 50 persen lulusan madrasah yang sedang dipimpinnya lulus diterima menjadi santri di sejumlah dayah atau pesantren baik yang ada di Kabupaten Bireuen maupun di luar Bireuen. (Najib Zakaria)

BAGIKAN