KABAR BIREUEN-Bupati Bireuen, Dr. Muzakkar A Gani, SH.,M.Si, menerima penghargaan dari Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)

Penghargaan berupa piagam dan medali Bintang LVRI, diserahkan oleh Ketua DPD LVRI Aceh, Kol (Purn) HM Djakfar Karim, pada prosesi Peringatan HUT  ke-64 LVRI tahun 2021 di Aula Lama Setdakab Bireuen, Kamis, (7/1/2021).

Hadir pada acara itu, Ketua DPD LVRI Aceh, Kol (Purn) HM Djakfar Karim. Ketua dan Anggota DPRK Bireuen. Unsur dari Forkopimda. Staf Ahli. Para Asisten Bireuen. Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen.

Kemudian, Ketua dan Pengurus LVRI dari beberapa Kabupaten/Kota dalam wilayah Aceh beserta Pengurus dan Anggota Pemuda Panca Marga (PPM) dan undangan lainnya.

Ketua LVRI Aceh Kolonel (Purn) HM Djafar Karim mengatakan, Di Aceh baru ada tiga orang yang menerima penghargaan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia ini, yaitu, saya selaku Ketua DPD LVRI Aceh, Bupati Aceh Tengah dan Bupati Bireuen.

“Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen beserta jajaranya, DPRK dan Forkopimda Bireuen, yang selama ini peduli terhadap LVRI setempat dan mendukung sepenuhnya setiap kegiatan LVRI,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Legiun Veteran Kabupaten Bireuen. AR Djoeli, menyampaikan piagam dan medali Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia diberikan kepada Bupati Bireuen ini, bedasarkan SK dari Dewan Pimpinan Pusat Ketua Umum LVRI yang ditandatagani oleh Ketua Umum LVRI, Mayor Jendral TNI (Purn) Saiful Sulun.

“Piagam dan medali diberikan atas jasanya secara luar biasa untuk perkembangan dan kemajuan LVRI,” jelas Ketua LVRI Kabupaten Bireuen ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Bireuen, Dr. Muzakkar A Gani, SH.,M.Si membacakan amanat tertulis Dewan Pimpinan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia.

Mulai saat itu, semua laskar melepas identitas nama laskar pejuang kecuali menyebut dirinya sebagai veteran Pejuang kemerdekaan Republik Indonesia (PKRI). Pembentukan LVRI ini dijiwai oleh semangat mempertahankan kemerdekaan-membangun semangat persatuan dan kesatuan dan tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejalan dengan semangat itu, Tema Peringatan HUT LVRI kali ini, adalah, “Bersama Masyarakat, LVRI Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Tema itu dipilih untuk mengaktualisasi semangat Kebhinekaan sekaligus untuk mengingatkan seluruh anak bangsa bahwa negeri ini merdeka berkat perjuangan seluruh rakyat yang terdiri dari berbagai golongan, suku, agama, dan ras.

Sebagai bangsa pejuang, LVRI mengingatkan kepada semua pihak untuk tetap menjaga keutuhan NKRI dengan berpegang teguh kepada Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jaga dan bangun negeri ini menjadi lebih maju dan jaya sepanjang masa.

Kepada pemerintah, LVRI berharap untuk bersikap tegas dan tanpa ragu demi penyelamatan bangsa dan negara. Negara tidak boleh kalah dengan aksi individu, kelompok maupun golongan yang jelas mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

LVRI sebagai organisasi pejuang tetap berpendirian bahwa sikap politik LVRI adalah politik negara artinya mendukung pemerintahan hasil Pemilu yang sah secara konstitusional berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

Menghadapi situasi Pandemi Covid-19 ini, LVRI mengajak seluruh anggota veteran dan keluarganya serta seluruh masyarakat terus bergotong-royong untuk bersama memutus mata rantai Pandemi Covid 19 agar bangsa ini tetap kuat dan kembali membangun negara.

“Mari bersama kita patuhi protokol kesehatan dengan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak),” pesannya.

Diharapkan agar seluruh tingkatan organisasi baik DPP, DPD, DPC samapai DPR agar tetap menjalin hubungan baik dengan jajaran pemerintah dan institusi TNI Polri dimanapun berada.

Perkuat Soliditas sesama anggota dan selalu berbuat yang terbaik agar veteran tetap menempati posisi terhormat di tengah masyarakat dan selalu menjadi panutan dalam bersikap. (Herman Suesilo).