KABAR BIREUEN – Peringatan HUT Bhayangkara ke-75 di Aula Mapolres Bireuen, dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti protokoler kesehatan, Kamis (1/7/2021) pagi.

Peringatan HUT Bhayangkara di Polres Bireuen kali ini, dirangkai dengan pemberian piagam penghargaan dan piala kepada gampong (desa) terbaik yang dinilai berhasil melaksanakan sejumlah kegiatan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Upacara HUT Bhayangkara ke-75 dipimpin Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat, SH, SIK, M.Si, diikuti unsur Forkopimda setempat yaitu Bupati Bireuen Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH, M.Si, Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar, S.Sos, Dandim 0111/Bireuen Letkol Inf Zainal Abidin Rambe, S Sos, Plt. Kajari Bireuen Mangantar Siregar, SH dan Ketua PN Bireuen Rosnainah, SH, MH.

Berikutnya, Danyonif RK 113/Jaya Sakti Letkol Inf Saptu Broto, Dansubdenpom IM/1-1 Bireuen Lettu CPM Asep Saiful Bahri, SH dan Kalapas Bireuen Abas Ruchandar.

Peringatan tersebut diawali menyaksikan dan mengikuti upacara HUT Bhayangkara ke-75 di Istana Negara secara virtual.

Kapolres Bireuen AKBP Taufik Hidayat, SH, SIK, M Si dalam acara peringatan HUT Bhayangkara ke-75 ini membacakan sambutan tertulis Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Kapolri antara lain menyampaikan, secara histopris peringatan HUT Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah No. 11 tahun 1945 pada 1 Juli 1946 yang menetapkan jawatan Kepollisian RI menjadi jawatan tersendiri yang bersifat nasional dan langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden selaku Kepala Pemerintahan.

“Kami bersyukur sampai saat ini Polri tetap solid dan sinergi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya,” sebut Kapolri yang disampaikan Kapolres Bireuen.

Dijelaskannya, saat ini polisi memiliki 470.391 personel yang tersebar di 34 Polda, 493 Polres, 4.872 Polsek, 791 Polsubsektor bersama-sama dengan TNI dan stakeholder lainnya, selalu menjadi garda terdepan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terutama, dalam menghadapi situasi global yang sedang dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat, khususnya aspek perekonomian, sosial dan keamanan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan apresiasai Bapak Presiden terhadap berbagai capaian kinerja Polri, baik di bidang operasonal maupun di bidang pembinaan. Bimbingan dan arahan Bapak Presiden dan Wakil Presiden, dukungan dari pimpinan Lembaga Tinggi Negara, dukungan dan kerja sama dengan pimpinan Kementerian/Lembaga seluruh anggota MPR RI, DPR RI, Panglima TNI beserta jajaran serta seluruh stakeholder dan masyarakat Indonesia,” ucap Kapolri.

Dikatakannya, kinerja Polri semakin membaik berkat dukungan kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholder dan peranserta masyarakat. Dalam menghadapi berbagai agenda nasional ke depan, Polri bersama-sama dengan TNI siap untuk berperan aktif dalam mengawal pelaksanaan rencana kerja pemerintah tahun 2021 dan pemulihan ekonomi nasional.

Dalam rangkaian HUT Bhayangkara ke-75, Kapolres Bireuen didampingi istri, memotong nasi tumpeng yang diserahkan kepada dua anggota Polres Bireuen. Sedangkan Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.SI, menyerahkan piagam penghargaan dan piala kepada tiga keuchik yang gampong masing-masing dinilai berhasil melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Ketiga keuchik yang mendapat piagam penghargaan tersebut yaitu Keuchik Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota Juang, H. Ridwan Aziz, SH, yang berhasil meningkatkan kesehatan masyarakat gampong, Keuchik Ulee Gle, Kecamatan Makmur, Agus Sulaiman, yang berhasll di bidang penggerak masyarakat gampong dan Keuchik Matangglumpangdua Meunasah Dayah, Kecamatan Peusangan, Rifian Nurdin, yang berhasil bidang pemberdayaan masyarakat gampong. (H. AR Djuli)