KABAR BIREUEN РUpacara Bendera Peringati Hari Santri Nasional (HSN) Ke-6 Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2020 di Bireuen, dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan HSN ke-6 dengan tema Santri Sehat Indonesia Kuat, berlangsung di Halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Bireuen, Kamis (22/10/2020).

Kegiatan itu dirangkai dengan Deklarasi Bireuen Kota Santri dan penyerahan SK Menteri Agama RI tentang Izin Operasional Ma”had Aly untuk beberapa dayah

Kemudian penyerahan penghargaan kepada dayah berprestasi, yaitu Dayah Bubussalam Al Hanafiah, Ma’Had Aly Mudi Mesra dan Ma’Had Ta’limul Quran (Mataqu) Ustman Bin Affan.

Pada upacara itu, Bupati Bireuen, Dr. Muzakkar A Gani, SH.,M.Si bertindak sebagai Inspektur upacara.

Pada kesempatan itu Bupati Muzakkar A Gani membacakan pidato sambutan Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT. Dalam inti sambutan tersebut disampaikan,¬†atas nama Pemerintah Aceh, menyampaikan apresiasi karena pada hari ini menyaksikan penyerahan keputusan Menteri Agama RI tentang Izin Operasional Ma”had Aly.

“Kita berharap, mudah-mudahan regulasi ini akan membawa dampak yang nyata bagi peningkatan penyelenggaraan pendidikan di Aceh. Insya Allah, Pemerintah Aceh melalui SKPA terkait, siap mendukung seluruh upaya kita bersama untuk memajukan pendidikan Aceh,” bacanya.

Untuk itu, Pemerintah Aceh mendorong seluruh pimpinan dayah/pesantren/Ma”had Aly dan para santri, agar jangan pernah berhenti berinovasi. Lakukan terobosan-terobosan baru.

Sehingga keberadaan lembaga pendidikan kita bisa semakin membawa manfaat bagi umat Islam dan seluruh masyarakat Aceh. (Herman Suesilo)