Berbagai jenis sapi di Pasar Hewan Geulumpang Payong Bireuen

KABAR BIREUEN – Menjelang meugang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah penjualan ternak sapi,  kerbau, kambing di Pasar Hewan Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen mulai ramai.

Para pedagang (muge) ternak dari 17 kecaatan dalam Kabupaten Bireuen setiap hari pekan Sabtu  dengan menggunakan truk sedang, mobil pick up mengangkut hewan ternak sapi, kerbau, kambing untuk dipasarkan ke Pasar Hewan Geulumpang Payong.

Pantauan Kabar Bireuen, hewan ternak yag diperdagangkan di Pasar Hewan Geulumpang Payong berbagai jenis sapi, kerbau mulai dari jenis sapi  kerbau jantan Aceh untuk sapi/kerbau  potong dan sapi/kerbau  betina untuk sapi diternakkan.

Selain jenis sapi Aceh, juga cukup banyak jenis sapi Brahma, Limosin, Simentul dan sapi Bali yang sudah berkembang diternakkan para petani ternak di Kabupaten Biureuen.

Ketua Pengelola Pasar Hewan Geulumpang Payong, Sulaiman SP dalam suatu percakapan dengan Kabar Bireuen mengatakan, mulai hari pekan Sabtu (16/5/2020) menjelang hari meugang Idul Fitri 1441 Hijriah berbagai jenis ternak hewan mulai ramai dipasarkan di Pasar Hewan Geulumpang Payong.

Dikatakan, pasaran Hewan ternak sapi dan kerbau masih stabil, untuk jenis sapi jantan Aceh, sapi Bali  berat 100 kg sekitar Rp 16 – Rp 17 juta, per ekor, sedangkan sapi jenis Brahma, Limosin, Simentul dengan bobot berat 300 kg mencapai Rp 43 juta per ekor.

Amatan Kabar Bireuen, meskipun berbagai jenis sapimulai raai dipasarkan, namun untuk jenis sapi potong masih sepi pembelinya, kecuali sapi/kerbau betina untuk diternakkan terlihat banyak pembelinya. (H.AR Djuli)

BAGIKAN