KABAR BIREUEN – Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui dinas kesehatan setempat menjemput jenazah Syakban (22) dan Musnan (26) warga Gampong Pante Paku, kecamatan Jangka, Bireuen ke Kualanamu Medan Sumatera Utara menggunakan ambulans Puskesmas Jangka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, dr Irwan kepada wartawan, Senin sore (17/8/2020) mengatakan, setelah berkoordinasi dengan Bupati Bireuen dan Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar SSos langsung memberangkatkan dua unit mobil ambulans ke Kualanamu untuk menjemput jenazah Syakban dan Musnan.

“Jenazahnya sudah diserahterimakan kepada keluarga dan langsung diberangkatkan ke kampungnya di Pante Paku,” kata Kadis dr Irwan.

Menurut Irwan, memang secara aturan setiap pemulangan jenazah warga Bireuen dari luar daerah dikenakan biaya ambulans.

“Namun mengingat dua jenazah warga Bireuen tersebut tergolong keluarga kurang mampu, sehingga Pemkab Bireuen mempertimbangkan untuk membantu tidak membembani pemungutan biaya kepada keluarga. Biaya ditanggung pemerintah,” jelas mantan Wakil Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen ini.

Secara terpisah, Ketua DPRK Bireuen Rusyidi Mukhtar atau Ceulangiek sangat mengapresiasi respon cepat dari Kadis Kesehatan Bireuen.

“Alhamdulillah setelah kami koordinasi tadi malam dengan bupati berhasil mendapatkan solusi dan langsung memberangkatkan ambulans beserta pihak keluarga almarhum,” sebut Ceulangiek yang merupakan dewan asal Dapil 2 Bireuen (Kecamatan Peusangan, Jangka, Peusangan Selatan dan Peusangan Siblah Krueng).

“Saya melakukan ini atas nama kemanusiaan karena yang musibah adalah dari keluarga kurang mampu,” pungkas Ceulangiek. (Rizanur)

BAGIKAN