KABAR BIREUEN-Guna meninjau langsung kebutuhan masyarakat miskin dan disabilitas, beberapa aparatur Desa Teupin Siron melakukan kunjungan ke rumah mereka, Sabtu, 29 Februari 2020.

Kunjungan tersebut juga melibatkan petugas Puskesmas Gandapura dan Pendamping Desa.

Ada delapan rumah yang dilakukan kunjungan, mereka ada lansia dan juga difabel yang membutuhkan bantuan barang seperti kursi roda dan tongkat. Selain itu juga ada satu warga yang memiliki gangguan psikis yang harus ditangani segera.

Keuchik Teupin Siron, Sofyan Yahya mengatakan komitmennya untuk melakukan pemenuhan layanan dasar masyarakat, dan terus berupaya membangun pembangunan desa tidak sekedar fisik saja.

“Salah satu warga kami tadi suang langsung dirujuk ke rumah sakit jiwa Bireuen, agar bisa segera tertangani dengan maksimal,”sebut Sofyan.

Dirinya juga menambahkan kalau penanganan tersebut didampingi oleh sekdes, beberapa aparatur desa, petua tuha peut dan petugas kesehatan dari Puskemas Gandapura.

Setelah itu juga melakukan kunjungan ke rumah lansia dan disabilitas, yang juga membutuhkan perhatian khusus dari pemerintah desa.

“Kondisi mereka memang sangat memprihatinkan, dan perlu ditangan secara serius dan secepatnya. Kami akan usulkan nama mereka untuk mendapatkan bantuan kursi roda dan tongkat ke Dinas Sosial Bireuen, namun jika tidak bisa disupport maka akan kami anggarkan dari dana desa”, ungkapnya.

Pendamping Desa (PD), Musliadi Arhan yang ikut melakukan kunjungan ke rumah lansia dan disabilitas, memberikan apresiasi kepada desa yang tidak hanya fokus ke pembangunan fisik saja.

“Gampong Teupin Siron harus terus melakukan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” harapnya. (REL)