KABAR BIREUEN-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, S.Pd.,M.Pd. secara resmi menutup Kegiatan Pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Bireuen tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Disdikbud Bireuen, melalui Bidang Pembinaan SD ini,
digelar di 17 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bireuen.

Prosesi penutupan seluruh rangkaian kegiatan pelatihan ini, dipusatkan di SD Negeri 5, Kecamatan Makmur  Bireuen, Jumat, (15/10/2021), dengan menerapkan protookol kesehatan dan peserta terbatas.

Kepala Disdikbud Bireuen, Muhammad Al Muttaqin menyebutkan, dalam proses belajar  mengajar sehari-hari disekolah, peran aktif guru UKS sangat penting dalam menentukan sikap bagi anak didik.

“Apabila peranan UKS telah tertanam sejak dini anak tersebut, yakinlah anak-anak itu mampu untuk menjaga dan berperilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Al Muttaqin berharap kepada peserta, agar ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini, dapat diterapkan di tempat tugas masing-masing.

Dengan tercapainya tujuan pelaksanaan program UKS di Kabupaten Bireuen, maka akan terciptanya manusia sehat, cerdas, beretika dan berkepribadian yang baik.

Sementara itu, Kabid Pembinaan SD, Alfian, M.Pd, didamping Kasi peserta didik dan karakter, Ramzi Jalal, S.Pd.I, mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan ketrampilan guru dan siswa dalam mengembangkan UKS di sekolah, sehingga terwujudnya sekolah sehat dan bersih.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kepada guru dan siswa agar dapat menerapkan perilaku, sikap dan keterampilan hidup bersih serta membudayakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Ramzi Jalal, menambahkan, pelatihan UKS ini dilaksanakan mulai, 5-15 Oktober 2021, di 17 kecamatan.

Jumlah peserta keseluruhan 470 orang dari 231 Sekolah Dasar yang ada dalam Kabupaten Bireuen, terdiri 235 siswa dan 235 guru pendamping.

“Narasumber dalam kegiatan ini, berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen, PMI Bireuen, Tim Pembina UKS. Kegiatan ini didampingi oleh Kasi Peserta Didik dan Karakter Pembinaan SD Disdikbud Bireuen,” jelasnya. (Herman Suesilo)