KABAR BIREUEN-Kegemaran membaca harus tertanam sejak dini bagi anak-anak, karena dengan membaca semua ilmu pengetahuan dapat terserap. Menumbuhkan kegemaran membaca pada anak-anak terkadang banyak menemui kendala karena derasnya arus hiburan serta berbagai macam jenis permainan dari media elektronik.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Husaini, SH.,MM mewakili Bupati Bireuen pada pembukaan Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se Kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, berlangsung di Aula Lama Setdakab, Rabu pagi (10/4/2019).

Husaini mengharapkan, melalui lomba bercerita yang dilaksanakan ini, dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kegemaran membaca bagi anak, khususnya bag siswa-siswi Sekolah Dasar sederajat.

Kegiatan bercerita mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap perkembangan kepribadian anak, diantaranya yaitu membantu pembentukan pribadi dan moral anak dan mengasah imajinasi anak.

Kemudian, mengembangkan kemampuan berbahasa. Memotivasi minat baca bagi anak dan mengembangkan kesadaran beragama.

Atasnama pimpinan daerah Husaini menghimbau kepada seluruh pihak yang terlibat langsung dalam pendidikan anak, baik itu guru maupun orang tua agar dapat terus memberi motivasi dan mendukung serta terus mendampingi anak-anak agar mau dan gema membaca.

Dengan demikian, anak bisa melatih diri dalam mengingat dan mengambil pesan yang disampaikan dalam cerita yang dibaca sehingga akan melahirkan generasi cerdas gemar membaca sebagai aset masa depan untuk membangun Kabupaten Bireuen dimasa yang akan datang.

Sebelumnya paniti pelaksana, Zawajir,SE, melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah

Serta menumbuh kembangkan kecintaan akan budaya Nusantara melalui
kegemaran membaca untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa persatuan dan kesatuan.

Kegiatan yang berlangsung satu hari penuh, di Aula Lama Setdakab, Rabu (10/4/2019) diikuti 25 orang peserta terdiri siswa-siswi SD MI se-Kabupaten Bireuen.

“Juara pertama pada lomba ini menjadi Duta Bireuen untuk mengikuti lomba yang sama tingkat provinsi,” ujar sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen ini.

Kegiatan ini dihadiri antara lain, Bupati Bireuen diwakili Staf ahli Bupati Husaini, unsur DPRK Bireuen, Asisten III, unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen, Kepala Dinas, Badan dan Kantor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, dewan juri dan undangan lainnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN