KABAR BIREUEN – Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Bireuen, Drs. M. Nasir M.Pd menutup secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tingkat Kabupaten Bireuen, Rabu (3/4/2019).

O2SN-SMP yang digelar oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bireuen bersama Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Bireuen, berlangsung selama dua hari, 2-3 April 2019.

M. Nasir dalam sambutannya pada penutupan O2SN tersebut mengatakan, dari kegiatan tersebut telah muncul atlet yang punya bakat dan prestasi.

Dia berharap kepada para juara, agar teruslah berlatih dan persiapkan diri, baik raga maupun mental.

“Mental saangat penting untuk dipersiapkan, karena seorang atlet tidak hanya harus berani di lapangan, tapi begitu tampil dan bersaing dengan atlet lain, harus siap mental juga,” sebutnya.

Kadisdikpora Bireuen itu juga berpesan kepada orang tua, harus memberikan motivasi agar siap mentalnya.

Yang belum menang hari ini, katanya, teruslah giat berlatih, karena masih ada even-even lainnya di kemudian hari.

“Prestasi olahraga kita di Bireuen masih perlu pembenahan. Karena itu, diharapkan adanya pembinaan dan mempersiapkan atlet sejak dini untuk bisa menggantikan seniornya,” harap M. Nasir.

Kepada Kepala sekolah, dia berpesan agar terus melakukan pembentukan karakter siswa di sekolah ke arah yang lebih baik.

Termasuk, meningkatkan prestasi anak didiknya. Tak hanya prestasi akademik, tapi non akademik juga perlu.

O2SN SMP ini, diikuti oleh 860 peserta dari 86 SMP Negeri ataupun Swasta, mereka akan mengikuti lima cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu bulu tangkis, karate, renang, atletik dan pencak silat.

Peserta tersebut adalah siswa yang terbaik hasil seleksi di sekolah masing-masing, untuk mengikuti seleksi di tingkat Kabupaten menuju ajang yang sama ke provinsi dan juga nasional.

Juara pertama di setiap cabang olahraga yang dipertandingkan dan diperlombakan, baik putra maupun putri akan mewakili Kabupaten Bireuen ke provinsi. (Ihkwati)

BAGIKAN