KABAR BIREUEN- Sebanyak 18 peserta mengikuti babak penyisihan Cabang Musabaqah Menulis Ilmiah Qur’an (MMIQ) Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 Kabupaten Bireuen 2019 di Labotarium bahasa SMAN1 Bireuen, Sabtu (27/4/2019)

Cabang MMIQ terdiri dari 8 putra dan 10 putri yang merupakan perwakilan dua belas kecamatan. Setiap kafilah maksimal hanya diperbolehkan mengirim satu peserta putra dan satu putri.

Ketua Dewan Hakim MMIQ Dr. Tgk. Nazaruddin, MA menerangkan jumlah peserta yang mengikuti cabang ini sebanyak 18 orang. Waktu yang diberikan kepada tiap peserta sesuai ketentuan nasional yaitu sembilan jam sejak dimulainya perlombaan.

“Untuk istirahat menyesuaikan dengan pesertanya, yang jelas waktunya sembilan jam,” katanya.

Menurut Tgk. Nazar, penulisan makalah 10 sampai 15 lembar dengan menggunakan laptop. Perangkat tersebut terlebih dahulu diperiksa oleh panitia sehingga tidak ada satu pun file yang tersimpan.

“Penilaian yang dilakukan, secara umum yaitu bobot materi, kaidah dan gaya bahasa, logika dan organisasi pesan,” rincinya.

Dikatakan Tgk. Nazaruddin, dari total 18 peserta yang mengikuti lomba di babak penyisihan. Mereka akan memperebutkan tiket semifinal dengan kuota 6 putra dan 6 putri, yang akan dilaksanakan Senin mendatang. (Ihkwati)

BAGIKAN