RAPI Samalanga

KABAR BIREUEN- Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat jika terjadi bencana di Kecamatan Samalanga, relawan RAPI Samalanga akan membentuk Satuan Relawan di tiap desa.

Dimana akan dibentuk pos tanggap bencana dan akan disiagakan minimal  satu personel tiap desa. Mereka dilengkapi alat untuk pecegahan dan penanggulangan bencana.

Hal itu dikatakan Ketua RAPI Samalanga, Khairuman, S.Pd kepada Kabar Bireuen, Selasa (10/3/2020), yang menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan bentuk Satuan Relawan.

Pembentukan ini ditujukan untuk memudahkan koordinasi antara masyarakat dan itansi itansi kebencaan dalam penanganan ketika terjadi bencana.

“Apalagi mengingat kecamatan Samalanga adalah kecamatan paling ujung bagian barat di kabupaten Bireuen, membutuhkan waktu daya tempuh 45 menit,” ungkapnya.

Sebelum membentuk relawan ini, pihaknya akan terlebih dulu melakukan sosialisasi ke setiap desa.

“Tentu akan kami sosialisasikan dulu di tiap desa. Setelah itu, tiap kepala desa akan kami imbau untuk merekrut para calon anggota di tiap desa masing-masing nantinya,” sebut Khairuman.

Ditambahkannya, kedepan jika semua desa sudah memiliki relawan kebencanaan maka dibentuk Pos Emergency.

“Jadi nanti jika sudah ada terpilih anggota  tiap desa akan dilakukan pengukuhan bersamaan,” katanya.

Khairuman berharap, keberadaan Satlakar ini dapat mencegah bencana dan meminimalisir jatuhnya korban yang bisa terjadi kapan saja.

Selain itu, RAPI juga akan memasang nomor panggilan darurat jika terjadi bencana.

“Kami akan pasang nomor darurat di media. Masyarakat bisa langsung menghubunginya jika terjadi bencana,” pungkasnya. (Ihkwati)

BAGIKAN