KABAR BIREUEN – Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, bergotong royong merehabilitasi tempat wudhuk dan kamar mandi Dayah Al-Furqan di Desa Beuringen, Sabtu (20/2/2021).

Mukhtar selaku ketua pelaksana kegiatan, menyampaikan, rehabilitasi tempat wudhuk taman pendidikan tersebut, dilaksanakan secara bergotong royong bersama masyarakat setempat.

Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu merehab lantai tempat wudhuk dan kamar mandi, pengadaan pintu WC, pengadaan kran air dan juga merehab balai pengajian.

“Mahasiswa KKM Umuslim bersama warga bergotong royong dan merehab kamar mandi Dayah Al-Furqan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian di tempat tersebut,” jelas Mukhtar.

Camat KKM mahasiswa Umuslim di Kecamatan Matangkuli, Khairul Umam, didampingi Wakil Koordinator, Nurulyana Daba, mengucapkan terima kasih atas partisipasi mahasiswa KKM.

“Semoga menjadi pahala dan amal jariyah bagi kita semua. Ini menjadi kenangan tersendiri bagi kami mahasiswa KKM, karena apa yang kami lakukan, memang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikkan di tingkat gampong ini,” ucap Khairul Umam.

Selama ini, kata dia, pihaknya melihat lantai tempat wudhuk dan pintu kamar mandi, memang sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Lalu, atas inisiatif semua mahasiswa KKM, bergotong royong untuk merehabilitasinya.

“Memang apa yang kami lakukan ini, tidaklah seberapa nilainya. Tapi, itulah yang dapat kami baktikan dengan ikhlas, untuk bisa digunakan masyarakat, apalagi mau memasuki bulan suci Ramadhan,” timpal salah seorang mahasiswa.

Khaitul Umam mengharapkan, dengan adanya kegiatan ini, akan mempererat silaturahmi antar mahasiswa dan juga masyarakat terus terjalin.

“Semoga kamar mandi yang telah direhab ini, dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi santriwan dan santriwati di Dayah Al-Furqan,” ungkap Khairul Umam.

Sementara Kepala Bapel KKM, Drs. Syarkawi, M.Ed melalui Koordinator DPL KKM, Zulkifli, M.Kom, mengucapkan terima kasih atas pengabdian mahasiswa yang telah berinisiatif melaksanakan program yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para santri Dayah Al-Furqan di Beuringen, Matangkuli.

Dalam gotong royong tersebut, terlihat kedekatan dan kekompakan antara mahasiswa KKM dengan masyarakat setempat.

Ada 20 desa penempatan mahasiswa KKM yang terlibat dalam kegiatan tersebut, di antaranya Desa Tumpok Barat, Tanjong Tgk Kari, Teungoh Seuleumak, Seuriweuk, Dayah Baro, Keude Matangkuli, Blang Matangkuli, Meunasah Ude, Punti Matangkuli, Teupin Keubeu, Matang Mee, Rayeuk Glangglong, Ujong Kulam, Teungoh Geulumpang VII, Aron Geulumpang VII, Tanjong Haji Muda, Siren, Meunye Pirak, Rayeuk Pirak dan Beuringen. (REL)