KABAR BIREUEN-Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen melakukan pengabdian dengan membangun  tempat praktek/kebun percobaan, berupa Sharing net dan kandang peternakan kambing, berlokasi di Desa Gampong Raya Dagang, Peusangan, Bireuen.

Kordinator lapangan pelaksanaan KKM Umuslim masa pandemi corona drh. Zulfikar, MSi, menjelaskan, pembangunan tempat praktek ini merupakan program KKM masa pandemi covid-19.

“Karena kendala untuk ditempatkan di desa seperti biasanya,” ujar Drh.Zulfikar, M Si, kandidat doktor di USU Medan, Kamis (17/7/2020).

Mahasiswa melakukan pengabdian dengan membangun tempat praktek peternakan,  berupa Sharing net ukuran 6×3, tempat ini nantinya dapat digunakan sebagai  lokasi praktek pembibitan berbagai tanaman.

“Kemudian juga dibangun kandang peternakan kambing berukuran 12 x5, diperkirakan dapat menampung 48 ekor ternak kambing,” sebut Zulfikar.

Kepala Bapel KKM Umuslim Drs.Syarkawi,M.Ed disela-sela peninjauan lokasi pembuatan kandang peternakan kambing dan Sharing net, Kamis (17/7/2020), menjelaskan, program KKM ini merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti  mahasiswa strata sarjana, jadi kebetulan jadwalnya bertepatan dengan kondisi  masa pandemi covid-19.

“Kita tetap laksanakan untuk memberi peluang kepada mahasiswa agar tidak terkendala dalam menyelesaikan studynya tepat waktu, tetapi tetap dalam koridor kewaspadaan pencegahan wabah tersebut,” katanya.

Karena kalau program KKM dilaksanakan seperti biasanya,akan terkendala karena situasi di masa pandemi Covid-19,  mahasiswa tidak bisa ditempatkan dan melakukan pengabdian di desa,  baik dalam kabupaten maupun luar kabupaten.

“Jadi kami berinisiataif merancang program yang bisa membantu dan bermanfaat  serta tidak melanggar protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah dikeluarkan pemerintah dan badan WHO,” jelas Syarkawi didampingi Ketua  Badan Penjaminan mutu Umuslim Ir.Zahrul Fuadi,MSi.

Adapun peserta KKM yang terlibat dalam program ini berjumlah 19 orang terdiri dari  prodi peternakan sebanyak 16 mahasiswa  dan 3 orang prodi agroteknologi.

“Mereka melakukan pengabdian selama satu bulan sejak 15 juni- 15 Juli 2020,” ujar Syarkawi.

Tambah Drs.Syarkawi,M.Ed lagi bahwa bangunan yang dibangun ini, nantinya akan dapat dipergunakan sebagai tempat praktek dan percobaan mahasiswa Universitas Almuslim secara umum, lokasi ini  akan dijadikan lokasi tempat praktek dan kebun percobaan terpadu, nantinya juga akan dibenahi dan penataan kolam ikan air tawar, jelas Drs.Syarkawi,M.Ed.

Saat peninjauan dan evaluasi pelaksanaan KKM tersebut turut hadir Rektor universitas almuslim Dr.H.Hambali,SE,MPd. Wakil rektor III Dr.Ir.Saiful Hurri,Msi, Dekan Fakultas Pertanian Ir.T.M.Nur,MSi, sejumlalah dosen dan mahasiswa KKM. (Ihkwati)

BAGIKAN