KABAR BIREUEN-Rektor Universitas Almuslim Peusangan Bireuen Dr.Marwan Hamid, MPd melantik Rahmad Saputra menjadi Presiden Pemerintah Mahasiswa (PEMA) Universitas Almuslim (Umuslim) periode 2020-2021.

Pelantikan yang menerapkan protokol kesehatan dilakukan bersamaan dengan pelantikan pengurus ormawa lainnya yaitu MPM dan DPM, berlangsung digedung ACC Ampoen Chiek Peusangan, kampus setempat, Senin (08/02/2021).

Marwan Hamid dalam arahannya mengharapkan kepada kepengurusan ormawa yang baru dilantik, agar dapat menjalankan organisasi ini dengan baik. Selain itu juga selalu mengedepankan semangat musyawarah dalam setiap penyelesaian persoalan.

Pada kesempatan tersebut Marwan Hamid juga menyampaiakan hal terkait visi-misi Umuslim untuk.menjadikan universitas unggul, profesional, dan islami.

Untuk tercapainya hal tersebut, menurutnya berbagai program telah dituang dalam roadmap universitas untuk 25 tahun kedepan, Semy program sudah direncanakan sejak tahun 2010.

“Jadi nantinya siapapun menjadi rektor akan melaksanakan hal ini sesuai dengan visi-misi Kemendikbud,” sebutnya.

Menurut Marwan, Umuslim merupakan salah satu universitas tertua di Aceh, ribuan alumni banyak yang sukses menjadi satu kebanggaan selain bukti dari hasil capaian mutu pendidikan.

Marwan Hamid juga menginformasikan, Umuslim saat ini telah mengusul untuk membuka empat program magister (pascasarjana) yaitu, Program Studi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Magister Ilmu Pengetahuan Sosial, Administrasi Pendidikan, Ilmu Ekonomi.

“Untuk itu kami mengharapkan doa dan dukungan dari semua pihak baik civitas akademika maupun stakeholder dan masyarakat lainnya,” harapnya.

Rektor menambahkan, pihaknya telah menandatangani kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Aceh dan Pemkab Bireuen serta stakeholder.

“Saya mengajak mahasiswa yang tergabung dalam organisasi mahasiswa untuk bergerak. Kita semua harus bergerak menjadi sebuah kesatuan demi terwujudnya kepemimpinan yang kuat dalam mengembankan amanah untuk kemajuan Universitas Almuslim,” pesannya.

Adapun pengurus yang dilantik Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Anand Khunayfi Yusral, Ketua DPM Yusril Agustin, Sekretaris Jenderal, Anisa Chairuna, Bendahara, Raissa Owena Medea, Komisi I, Sri Wahyuni.

Sedangkan susunan Pengurus Pemerintah Mahasiswa terdiri Presiden Mahasiswa, Rahmad Saputra, Wakil Presiden Ridha Zulfahmi, Sekretaris Jenderal Nurman Hakim, Staf Administrasi Yusniar.

Kepengurusan juga dilengkapi dengan struktur Kementerian Pema, diantaranya Kementerian Keuangan, Kementerian Olah Raga, Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Selanjutnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Sosial dan Advokasi, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan HAM. (REL)