KABAR BIREUEN – Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A. Gani, SH., M.Si, meminta kepada para pejabat yang baru dilantik, untuk menunjukkan dedikasi, loyalitas dan kinerja.

Hal itu disampaikan Bupati Muzakkar pada pelantikan 98 pejabat pimpinan tinggi pratama dan administrator dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, di Aula Lama Setdakab Bireuen, Kamis (1/7/2021) sore.

“Selamat mengemban amanah ini dengan penuh tanggung jawab. Mudah-mudahan, ini dapat memberikan energi yang positif bagi kemajuan Kabupaten Bireuen yang kita cintai,” ucap Muzakkar.

Menurut Muzakkar, dirinya telah mengamati perjalanan kinerja para pejabat yang dilantik tersebut sekitar delapan bulan yang lalu. Mutasi hari ini, kata dia, adalah suatu evaluasi dari dirinya selaku pimpinan terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN).

”Setelah saya mengamati, tentunya perlu saya mencoba meramu pejabat-pejabat tersebut. Ini sesuai dengan kapasitas, lingkungan dan kemampuan yang ada,” ungkap Muzakkar.

Adapun pejabat yang dilantik itu sebanyak tujuh orang untuk jabatan Eselon II b. Mereka terdiri dari Mulyadi, SH, menjadi Asisten I Setdakab Bireuen. Sebelumnya, dia menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB).

Di posisi jabatan yang ditinggalkan Mulyadi, ditempati Mawardi, S.STP., M.Si yang sebelumnya memangku jabatan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Sedangkan jabatan yang ditinggalkan Mawardi, masih kosong atau belum terisi dalam mutasi tersebut.

Berikutnya, Muhammad Al Muttaqin, S.Pd., M.Pd, dirotasi dari Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Sebaliknya, Drs. M. Nasir, M.Pd, dari jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, menjadi Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata.

Selanjutnya, Irwan, SP., M.Si yang selama ini menjabat Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan, dimutasi menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan. Sedangkan pengganti Irwan, ditempatkan Ir. Mukhtar, M.Si yang sebelumnya sebagai Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan.

Sementara Muhammad Nasir, SP., MSM yang selama ini memangku jabatan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan, diserahi jabatan baru sebagai Staf Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan yang sebelumnya ditempati Mukhtar.

Bukan hanya itu, sebanyak 79 pejabat Eselon III juga ikut dimutasi pada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) Bireuen. Termasuk di antaranya delapan camat.

Selain posisi Kepala BKPSDM masih kosong, jabatan Asisten II Setdakab Bireuen yang sudah lama lowong, juga tidak terisi dalam mutasi kali ini.

Menurut Bupati Muzakkar, untuk kedua jabatan tersebut memang belum terisi dalam mutasi kali ini. Alasannya, sedang dicari pejabat yang layak dan tepat untuk mengemban jabatan strategis tersebut.

“Masih kita cari pejabat yang tepat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, akan terisi semua jabatan yang kosong,” jelas Muzakkar yang ditanyai wartawan terkait hal tersebut seusai pelantikan. (Suryadi /*)