KABAR BIREUEN-Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bireuen, DR.H.Muzakkar A Gani SH.M.Si, secara resmi menutup kegiatan Kursus Mahir Dasar (KDP) bagi Pembina Pramuka tingkat SMP se Kabupaten Bireuen.

Prosesi penutupan berlangsung di Lapangan Disdikpora komplek Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bireuen, Sabtu (12/10/2019).

Pada kesempatan itu Muzakkar A Gani mengajak semuanya untuk selalu berupaya meningkatkan kualitas pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yaitu salah satu diantaranya melalui kegiatan Pendidikan Kepramukaan.

Seperti yang tercantum dalam visi dan misi Gerakan Pramuka, yakni Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi yang handal untuk mengatasi masalah-masalah kaum muda.

Para Pembina adalah ujung tombak dalam Pendidikan Kepramukaan di Gugus Depan, mereka akan menjadi tauladan dan idola bagi peserta didiknya, untuk itu manfaatkan kegiatan kursus sebagai upaya peningkatan Kwalitas diri, mampu memotivasi diri untuk lebih baik dari pada hari kemarin.

Setelah ujian semester nanti kepala sekolah selaku Kamabigus wajib mengikuti kegiatan Orientasi Kepramukaan supaya berkesinambungan antara kamabigus dengan Pembina di gugus depan masingmasing.

Sesuai dengan Permendikbud nomor 63 tahun 20 14 tentang pendidikan Kepramukaan sebagai kegiatan Ekstra Kurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Untuk tahun 2020 kepada Kepala Sekolah selaku kamabigus wajib menganggarkan di RKAS untuk setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwartir Cabang, Kwartir Daerah dan Kwartir Nasional. Inilah yang diharapkan untuk kemajuan Pramuka di Kabupaten Bireuen

“Terima kasih juga kepada panitia Penyelenggara dan panitia pelaksana kegiatan Kursus Mahir Pramuka Tingkat Dasar bagi guru SMP di Bidang SMP Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen yang telah melaksanakan kegiatan ini dari tanggal 7-12 Oktober 2019. Akhirnya, kami juga mengucapkan selamat kepada kakak-kakak yang telah mengikuti kursus ini,” jelasnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bireuen, Drs M Nasir M. Pd melaporkan Dasar Hukum pelaksanaan keglatan adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 63 tahun 2014 bahwa pendidlkan kepramukaan sebagai ekstrakunkuker wajib pada pendidlkan dasar dan menengah memberikan banyak dampak didalam dunia pendidlkan.

Yang menjadi tujuan pelaksanaan dari kegiatan ini adalah untuk melatih Guru Pembinaan Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan guna meningkatkan kemampuan Pembina Pramuka dalam mengasuh, membina anak didlk.

Sehingga multi kegiatan kepramukaan semakin meningkat di Iingkungan sekolah di Kabupaten Bireuen.

Jumlah Peserta sebanyak 55 orang peserta yaitu 36 orang laki-Iaki dan 19 orang Perempuan. Kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) bagi Guru Pembina Pramuka se Kabupaten Bireuen yang di laksanakan mulai dari  7- 9 Oktober 2019 di Wisma Bireuen Jaya dan 10-12 Oktober 2019 di Kompleks SKB Bireuen.

Kegiatan itu dihadiri antara lain, Pembina Kepramukaan Kwarcab Kabupaten Bireuen, Pengurus Kwarcab Pramuka Kabupaten Bireuen, Kakak-kakak Andalan dan Pelatih Kwartir Cabang Bireuen, Para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan dalam Kabupaten Bireuen, Peserta Kursus Pembina Mahir Dasar dan undangan lainnya. (Herman Suesilo)

BAGIKAN