KABAR BIREUEN – Anggota Komisi VII DPR-RI Fraksi PPP, Drs H. Anwar Idris meminta Bupati Bireuen Dr H. Muzakkar A Gani SH MSi untuk membangun kembali rumah warga Dusun Mon Eungkot, Desa Keude Matang Geulumpang Dua, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen yang terbakar pada Kamis malam (23/7/2020).

Hal itu dikatakan Anwar Idris ketika mengunjungi lokasi kebakaran di Dusun Mon Eungkot, Desa Keude Matang Geulumpang Dua, Minggu (26/7/2020) yang turut dihadiri anggota DPR Aceh, Dr H. Amiruddin Idris SE MSi dan anggota DPRK Bireuen Athaillah Saleh MA.

Kunjungan anggota DPR-RI Fraksi PPP asal Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh-2 tersebut bersamaan dengan masa reses tahun 2020.

“Bupati Bireuen harus membangun kembali rumah masyarakat yang terbakar, jangan sampai terus menerus tinggal di tenda darurat. Sayang anak anak,” kata Anwar Idris.

Menurut mantan Wakil Ketua DPRK Bireuen ini, sebelum ke lokasi kebakaran, ia telah mencoba hubungi Bupati Bireuen Muzakkar A Gani melalui HPnya, namun tidak terhubung.

“Sebelum kemari saya sudah menghubungi Bupati Bireuen, namun HPnya tidak aktif. Dan saya akan menyampaikan langsung nanti. Tugas DPR menyampaikan ke eksekutif, karena wewenang ada di bupati,” jelasnya.

Anwar Idris juga memohon maaf karena terlambat datang mengunjungi warga yang sedang ditimpa musibah karena saat kejadian masih di luar daerah.

Pada kesempatan sama, anggota DPR Aceh Fraksi PPP, Dr H. Amiruddin Idris SE MSi mengatakan, jika Pemerintah Kabupaten Bireuen kesulitan membangun kembali rumah masyarakat yang terbakar boleh mengajukan permohonan ke Pemerintah Aceh.

“Saya yang akan perjuangkan di Pemerintah Aceh. Secara aturan tidak bertentangan pemerintah membangun kembali rumah yang terbakar atau rusak akibat bencana. Itu ada nomenklaturnya,” sebut Amiruddin Idris.

Demikian juga bagi warga yang menempati rumah sewa turut terbakar pada saat itu disarankan untuk mengajukan permohonan apabila memiliki tanah sendiri. Dan mantan Rektor Umuslim ini berjanji siap memperjuangkan kepada Gubernur Aceh.

Amiruddin Idris juga turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Erlinawati (36) guru PNS pada SDN 25 Peusangan.

“Almarhumah adalah alumnus Universitas Almuslim. Kami juga turut kehilangan. Semoga keluarga yang ditinggalkan sabar dan tabah. Musibah ini adalah takdir Allah,” kata suami Hj Nurjani Arahman dengan nada sedih.

Ditambahkannya, kehadiran dirinya hari ini bersama anggota DPR-RI Drs H. Anwar Idris dan anggota DPRK Bireuen dari PPP, Athaillah Saleh bukan untuk terakhir kali.

“Tapi kami akan selalu ada untuk masyarakat di sini,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut legislatif PPP itu turut menyerahkan bantuan bahan kebutuhan sehari hari berupa, beras, minyak goreng, telur, roti, sirup, air mineral, mie instan dan pampers bayi.

“Ini bentuk partisipasi dan kepedulian kami. Jangan dipandang dari nilainya, tapi lihat keikhlasan,” pungkas Wakil Bupati Bireuen periode 2002-2007. (Rizanur)

BAGIKAN