KABAR BIREUEN – Intensitas curah hujan tinggi sejak pukul 15.15- 20.30 WIB yang melanda Kabupaten Bireuen, membuat Krueng Leubu kembali meluap, akibatnya sejumlah lokasi mengalami kebanjiran, Sabtu ( 9/5/2020) malam.

Luapan air Krueng Leubu kembali terjadi mulai pukul 23.30 WIB di sekitar Desa Blang Kuthang dan Cot Kruet, air sudah mulai merambah perumahan penduduk yang berada di pinggiran bantaran Krueng Leubu.

Camat Makmur, Azmi S.Ag yang berada di lokasi melaporkan, kondisi banjir pada Sabtu malam hampir sama dengan kemarin malam, Jumat ( 8/5/2020) diperkirakan sebanyak 12 Kepala Keluarga harus mengungsi jika air terus bertambah.

“Sekarang warga sudah siap siap mengungsi jika debit air terus bertambah,” terang Camat Azmi.

Meluapnya Krueng Leubu di wilayah kedua desa tersebut disebabkan karena debit air terlalu besar sementara kondisi Daerah Aliran Sungai ( DAS ) sempit dan dangkal.

“Akibat sempit dan dangkal DAS sungai didaerah itu sehingga air meluap,” ujar Azmi.

Sementara itu, menurut informasi relawan PMI Makmur, Zamri,.sebanyak 10 KK warga Ulee Gle sudah dua malam juga terendam banjir.

Sedangkan di lokasi lain, sebagaimana laporan relawan PMI , Boyhaqi mengatakan, banjir kiriman malam ini ikut merendam TK Cut Nyak Asiah Leubu Mee dan SMPN 2 Makmur di Leubu Cot.

Kondisi terakhir yang diterima dari relawan Tagana, Fathani menerangkan, untuk sementara warga disarankan agar waspada dan siaga. Jika suatu saat air bertambah, mereka siap mengungsim ke meunasah -meunasah setempat.

“Kita sudah sampaikan kepada keuchik agar warga waspada , apabila debit air terus naik warga sudah siap mengungsi,” kata Fathani. (Faisal Ali)

BAGIKAN