KABAR BIREUEN-Komunitas Guru Juang Kabupaten Bireuen memfasilitasi launching buku berjudul Mimpi Penulis Cilik di Bireuen, Jumat (5/4/2019).

Buku yang ditulis oleh Islah Luqyana Gebrina ini dimulai sejak ia duduk di kelas 6  SDN 4 Bireuen dan baru dirilis tahun ini setelah melalui proses editing.

Anak dari dr Syamsidar ini sekarang tercatat sebagai siswi kelas 1 SMPN 1 Bireuen. Ia menceritakan kemauannya menulis karena hobi membacanya.

“Orang tua saya hobi membaca, jadi saya juga hobi membaca sehingga penasaran bagaimana cara menulis buku,” kata Luqi yang didampingi guru pembimbingnya Mailiyana, S.Pd, guru SDN 4 Bireuen.

Ketua Komunitas Guru Juang Alfian, M. Pd menyatakan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan komunitas Guru Juang kepada pegiat literasi di Bireuen.

“Ini bisa menjadi inpirasi bagi kita terutama guru untuk menulis,” ujarnya.

Dikatakan Alfian, guru harus melek dengan literasi, guru dituntut mampu dengan pembelajaran abad 21. Kalau tidak siswa di era industri 4.0 akan belajar dalam ruang industri 3.0, dan diajarkan oleh guru industri 2.0, lebih parah lagi kalau materi pembelajarannya dari industri 1.0.

“Komunitas Guru Juang Kabupaten Bireuen merupakan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dengan fokus pada pengembangan karir guru,” pungkas Alfian.

Kegiatan ini dihadiri Kasi Kurikulum Pembinaan SD, Yusmadi S.Pd, pengurus dan anggota Komunitas Guru Juang yang sebagian besar juga sudah menulis buku.(Ihkwati)