KABAR BIREUEN-Guna mendidik generasi remaja dan anak-anak di gampong, sehingga mereka bisa memahami dan mendalami ayat alquran.

Kesatuan Pemuda Gampong Blang Cot Baroh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Bireuen, kembali menggelar Musabaqah Tilawatil Quran antar dusun ke- 2 tahun 2020.

Kegiatan bersamaan dengan agenda menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, berlangsung selama seminggu sejak 14 Desember 2020, di halaman meunasah gampong setempat.

Ketua panitia pelaksana Athailah Andip, kepada wartawan, Rabu,(16/12/2020) malam, mengatakan, MTQ antar dusun ini dilaksanakan, selain untuk menciptakan kader penerus bangsa.

Juga mendidik, agar peserta terus terasah dalam membaca alquran, pidato, serta hafalan ayat pendek bagi anak PAUD yang ada di Gampong Blang Cot Baroh.

Disebutkan MTQ tahun ini, diikuti 220 peserta perwakilan dari tiga dusun, yaitu Dusun Tgk Dibalee, Dusun Blang Timu dan Dusun Balee Labang.

Memperlombakan beberapa cabang mata lomba, yaitu ayat pendek tingkat PAUD, Hafalan Itikad 50 tingkat SD kelas 1-3 dan Itikad 50 tingkat SD kelas 4-6. Cabang Tahfiz tingkat SD, dan Tilawah tingkat anak-anak.

Kemudian, cabang Azan tingkat SD, Azan tingkat SMP. Pidato tingkat SD, SMP dan SMA. Cerdas Cermat antar dusun serta cabang Tilawah Tingkat Remaja.

“Dimana pada MTQ pertama tahun lalu, dusun Tgk Dibalee berhasil meraih juara umum,” jelasnya.

Pada MTQ kedua ini, panitia juga menyediakan piala dan penghargaan bagi juara untuk peserta setiap lomba yang diikuti.

“Kegiatan yang diprakasai pemuda gampong setempat menggunakan anggaran dana desa yang dikucurkan untuk kegiatan pemuda serta bantuan dari donatur dan masyarakat Gampong Blang Cot Baroh,” kata Athailah Andip yang juga Ketua Pemuda gampong setempat.

Pembagian piala bagi para juara dilakukan, Kamis, 24 Desember 2020 malam, bersama dengan kegiatan tausiah Maulid Nabi Muhammad SAW, menyakitkan Tgk Asnawi dari Aceh Timur sebagai penceramah. (Herman Suesilo)