KABAR BIREUEN-Untuk meningkatkan pola pembelajaran di sekolah, sejumlah kepala sekolah jenjang SMP Negeri dan Swasta dalam Kabupaten Bireuen mengikuti Pelatihan Manajemen.

Pelatihan Manajemen bagi kepala sekolah ini, dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen, melalui Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Disdikbud setempat.

Kegiatan dengan tema Kepemimpinan Kepala Sekolah Dapat Memberikan Pengaruh Bagi Kualitas/Mutu Pendidikan di Sekolah, dibuka oleh Kadisdikbud Bireuen , Muhammad Al Muttaqin, S.Pd.,M.Pd, di Aula Meuligoe Hotel Bireuen, Sabtu  (13/11/2021) pagi.

Dalam arahannya, Al Muttaqin.mengharapkan, semua kepala sekolah agar mampu mengayomi membimbing semua guru di sekolah masing-masing.

Kadisdikbud Bireuen ini juga mengajak semua kepala sekolah untuk disiplin dalam melaksanakan tugas. Karena tugas kepala sekolah adalah untuk membimbing dan membina semua guru semua warga sekolah, terutama dalam hal meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan pola pembelajaran di sekolah masing-masing dapat ditingkatkan lagi,” harap Muhammad Al Muttaqin.

Sebelumnya Kabid Pembinaan GTK Disdikbud setempat, Surya,S.Pd.,M.Pd, melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pola pembelajaran di sekolah.

Selain itu, untuk menciptakan proses belajar mengajar yang dengan mudah direncanakan, diorganisasikan, dilaksanakan dan dikendalikan dengan baik sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secaara efektif dan efesien.

Disebutkan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari (13-15/11/2021), di Meuligoe
Hotel Bireuen, diikuti kepala sekolah Jenjang SMP Negeri dan Swasta dalam Kabupaten Bireuen sejumlah 93 orang.

Pelatihan ini menghadirkan tiga pemateri, berasal dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Aceh, yaitu Husaini M.Pd. Dr. Amiruddin M.Pd dan Rusydi S.Pd.

“Selama pelatihan para peserta dibagi dibeberapa ruangan, tetap menerapkan protokol kesehatan, jelasnya,” jelas Surya.

Dikatakannya, Kepala Sekolah sebagai leader harus mampu bekerja bersinergi dengan semua guru, semua warga sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya.

“Dengan pelatihan ini diharapkan kepala sekolah mampu untuk meningkatkan lagi pola pembelajaran di sekolahnya,” harap Kabid Pembinaan GTK Disdikbud Bireuen ini. (Herman Suesilo).