KABAR BIREUEN-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen, Drs M Nasir M.Pd menyerukan gerakan berwudhu sebelum belajar di sekolah

Hal itu merupakan salah satu praktek baik di sekolah dalam upaya pendidikan karakter siswa, disamping wudhu adalah salah syarat untuk shalat.

Selain itu, berwudhu juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan dapat mencegah dari berbagai macam penyakit, termasuk terhindar dari paparan virus yang sangat meresahkan saat ini yaitu Carona yang mulai masuk ke Indonesia.

“Selain praktek baik, seruan ini juga mengantisipasi ketakutan dari anak-anak ya mereka tahu dari siaran televisi tentang virus corona, nah di sini peran kami mengarahkan agar mereka tidak perlu khawatir karena wudhu dan hidup bersih,” jelas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. M. Nasir, M.Pd didampingi Kabid Pembinaan SMP Zamzami, S.Pd dan Kabid Pembinaan SD Alfian, M.Pd, Jumat (7/3/2020).

Dikatakannya, Gerakan Wudhu sebelum belajar ini dilakukan serentak pada seluruh sekolah dalam lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen.

Semua sekolah sangat antusias melaksanakan kegiatan tersebut dengan segala fasilitas sekolah dan pemamfaatan lingkungan yang ada, seperti memanfaatkan fasilitas tempat ibadah atau sungai terdekat.

“Kami berharap Gerakan Wudhu sebelum belajar dan praktek baik lainnya seperti Salam Sapa, Baca Yasin, Jumat Sedekah,Tahfidz Alquran bisa menjadi budaya di sekolah,”  pungkas M. Nasir. (Ihkwati)

BAGIKAN