KABAR BIREUEN–Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen, Drs Murdani mengimbau dan mengajak masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan.

Karena itu bukan hanya petugas kebersihan akan tetapi menjadi kewajiban  semua pihak dan masyarakat.

Jadi semuanya harus memiliki kesadaran tidak membuang sampah sembarangan, di badan-badan jalan dan saluran pembuangan.

“Buanglah sampah di tempat (bak) pembuangan sampah yang harus disediakan oleh masing-masing desa agar dapat diangkut petugas kebersihan ke TPA setiap hari,”  harap Murdani.Rabu (10/6/2020).

Oleh karena itu, Murdani miminta masyarakat jangan hanya menyalahkan petugas kebersihan, mereka sudah bekerja maksimal mulai tengah malam buta petugas kebersihan pria dan wanita sudah bergelut membersihkan sampah di seluruh ruas jalan dalam kota Bireuen diangkut ke TPA.

“Sangat diharapkan warga masyarakat pemillik toko, kedai dalam kota Bireuen dan sekitarnya jangan lagi menbuang sampah sembarangan, ke saluran pembuangan yang dapat menyumbat saluran pembuangan dan menimbulkan benana banjir dalam kota Bireuen,” pinta Murdani.

Pantauan Kabar Bireuen, selama ini warga membuang sampah sembarangan di badan jalan dan bukan di bak sampah.

Akibatnya, tumpukan sampah yang sudah  menumpuk sudah menimbulkan bau busuk berada ditengah perkampung penduduk.

Seperti yang dialami warga Desa Pulo Ara dan Juli Cot Meurak yang merasakan imbas akibat bau sampah yang menumpuk. Kateba itu sampah itu terpaksa dibakar warga untuk mencegah bau busuk yang telah menimbulkan pencemaran lingkungan masyarakat sekitarnya.

Namun pembakaran sampah busuk di tengah perkampungn penduduk juga sangat beresiko tinggi rusaknya aspal jalan Pasar Induk Bireuen dan pecemaran asap pembakaran sampah di lingkungan perumahan penduduk Pulo Ara dan Desa Juli Cot Meurak. (H.AR Djuli/*)

BAGIKAN