KABAR BIREUEN – Kepala Cabang Dinas ( KACABDIS ) Pendidikan Aceh wilayah Bireuen,T.Murtadha S.Sos meninjau lokasi rencana pembangunan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) di Desa Matang Kumbang, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen, Kamis ( 8/10/2020).

Sebelum melihat lokasi SMK Makmur kegiatan diawali dengan pertemuan yang turut dihadiri ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Muhktar, S.Sos, Kapolres, Taufik Hidayat SH,Msi, Sik berlangsung di Meunasah Desa Mereubo, Kemukiman Suka Damai.

Pada pertemuan tersebut, Imum Mukim Suka Damai,Tgk.Muhibuddin selaku penggagas utama program ini menuturkan, inisiatif membangun SMK ini karena melihat putra- putri Makmur yang berminat sekolah kejuruan mengalami kendala jarak tempuh yang jauh untuk bisa mendapat pendidikan kejuruan.

Untuk itu, dalam upaya mengantisipasi pengangguran akibat putus sekolah ,Imum Mukim Muhibuddin akan memamfaatkan lahan yang sudah tersedia seluas 15000 meter hasil pembelian masyarakat delapan desa di Lemukiman Suka Damai pada tahun 1996 untuk membangun SMK.

“Jadi untuk menghindari anak-anak menjadi pengangguran akibat putus sekolah, kami bermaksud mendirikan SMK ini,” ungkap Tgk.Muhib.

Selain tanah yang sudah tersedia, data pendukung lain seperti lulusan tingkat SLTP mencapai 400 siswa yang tersebar di 5 SMP dan 1 MTs di Makmur serta didukung lembaga pendidikan yang ada di kecamatan tetangga Peusangan Siblah Krueng.

Karenanya ,Imum Mukim berharap kepada Ketua DPRK dan Kacabdis agar tanah yang sudah ada supaya bisa dibangun SMK.

“Tanah sudah kami sediakan, semoga ketua DPRK dan Kacabdis dapat meujudkan hal ini,” harap Imum Mukim .

Menyikapi hal ini, Ketua DPRK Bireuen, Rusyidi Muhktar,S.Sos dalam sambutan singkat mengatakan, mendukung penuh program ini apalagi SMK ini berfungsi juga bagi anak di kecamatan Peusangan Siblah Krueng.

“Saya siap memfasilitasi dengan kepala dinas pendidikan provinsi setelah semua data pendukung selesai,” kata pria yang akrab disapa Ceulangik itu.

Karenanya, dia berharap kepada Kacabdis segera mempersiapkan segala kebutuhan administrasi sehingga pembangunan cepat terlaksana.

“Untuk cepat terlaksana pembangunan SMK , kami harapkan Kacabdis segera mempersiapkan administrasinya,” pinta Ceulangik.

Pada kesempatan lain, Kacabdis, T.Murtadha S.Sos menyebutkan, siap membantu rencana tersebut untuk membangun bangsa yang cerdas apalagi masyarakat sendiri sudah mendukung dengan menghibahkan tanahnya.

“Insya Allah dengan dukungan dan kekompakan masyarakat, kita berhasil membangun sekolah ini sehingga kita tidak perlu lagi sekolah ke luar kecamatan,” ujar T.Murtadha.

Pada sesi terakhir pertemuan, Camat Makmur, Azmi S.Ag menyambut baik hasrat masyarakat untuk menghadirkan sekolah kejuruan .

“Semoga dengan adanya sekolah kejuruaan akan menciptakan generasi yang mempunyai skill dan bisa menciptakan lapangan kerja,” pungkas camat Azmi.

Setelah pertemuan, Kacabdis dan rombongan langsung menuju lokasi SMK dan didampingi Kapolsek Makmur, Ipda Azharuddin, Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan, Samsul Bahri,MT, Imum Mukim, para keuchik dan tokoh masyarakat.

Sementara ketua DPRK dan Kapolres tidak bisa ikut karena harus kembali ke kantor menghadapi demontrasi mahasiswa. (Faisal Ali)

BAGIKAN