KABAR BIREUEN – Meskipun di tengah Pandemi Covid-19, jamaah Masjid Agung  Sultan Jeumpa usai melaksanakan shalat Insya berjamaah melanjutkan shalat Tasbih berjamaah dan takbiran Idul Fitri 1441 hijriah, Sabtu malam (23/5/2020).

Shalat Insya dan shalat tasbih berjamaah diimami Tgk Kasman Arifa Abdya dan malam takbiran menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah dan malam takbiran dipimpin Imum Chiek Masjid Agung Sultan Jeumpa Drs Tgk H Jamaluddin Idris beserta seluruh jamaah Masjid Agung Sultan Jeumpa.

Tgk Kasman Arifa Abdya sebelum melaksanakan shalat Tasbih, memberikan penjelasan kepada para jamaah, bahwa shalat tasbih adalah shalat sunnat 4 rakaat yang didalamnya terdapat bacaan tasbih sebanyak 300 kali dan shalat ini disebut dengan shalat tasbih.

“Melaksanakan shalat tasbih mengharapkan pahala dari Allah SWT dan akan mengampuni  dosa-dosa kita yang awal  dan yang akhir, yang lama dan yang baru, yang tidak sengaja dan yang sengaja, yang kecil dan yang besar, yang sembunyi dan yang terang-terangan,” katanya.

Dikatakan, shalat tasbih dilaksanakan 4 rakaat  pada setiap rakaat membaca surat Al-Fatihah dan surat lainnya, jika sudah selesai masih dalam keadaan berdiri mengucapkan tasbih Subhanallah Waalhamdulillah Walaa Ilaaha Illallahu Wallahu Akbar 15 kali.

Kemudian ruku’ dan membaca  tasbih  10 kali, lalu i’tidal dan membaca tasbih 10 kali, lalu sujud dan membaca tasbih  10 kali, kemudian duduk di antara 2 sujud dan membaca tasbih 10 kali, kemudian sujud lagi dan mmbaca tasbihkali, kemudian duduk istirahat dan membaca  tasbih  10 kali,  75 tasbih dalam satu rakaat.

Dalam hadits disebutkan bahwa Nabi Rasulullah memerintahkan pamannya untuk mengerjakan shalat tasbih 4 rakaat.  Jika dikerjakan pada siang hari sebaiknya 4 rakaat dengan satu kali salam saja dan jika dikerjakan pada malam hari  4 rakaat dengan 2 kali salam.  

Apalagi shalat tasbih yang di dalamnya dibacakan tasbih sebanyak 300 kali. Maka Insya Allah dosa-dosa kita diampuni oleh Allah SWT fari Abu Hurairah ra berkata: Sesungguhnya Nabi Saw  bersabda: barang siapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100 kali dalam sehari maka dosa-dosanya diampuni walaupun sebanyak buih lautan. (HR. Muslim).

Pantauan Kabar Bireuen,mengingat masih ditengah pandemi covid-19 pawai takbiran Idul Fitri 1441 hijriah di Kabupaten Bireuen ditiadakan, dan dilaksanakan mlam takbiran bergema diseluruh masjid dan meunasah dan dalam Kabupaten Bireuen.

Salah satu Bank, yaitu Bank Aceh Syariah Cabang Bireuen para karyawannya ikut mengumandangkan takbir di Gedung Bank Aceh Syariah yang  berlokasi di pusat Kota Juang Bireuen.(H.AR Djuli/*)

BAGIKAN