KABAR BIREUEN – Rektor Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen, Dr. H. Marwan Hamid, MPd mengukuhkan Dr Muhammad Ilyas Wahab Gam, SE MM sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIKI.

Acara pengukuhan tersebut berlangsung di Aula Kampus UNIKI, Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Sabtu (13/6/2020).

Hadir pada acara tersebut, Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr H. Amiruddin Idris, SE MSi, Direktur Pasca Sarjana (S2) Magister Manajemen UNIKI dan sejumlah dosen.

Dr Muhammad Ilyas Wahab Gam, SE MM dikukuhkan sebagai Dekan FKIP UNIKI menggantikan M. Rezeki Muammar, M.Ed, yang sekarang menjabat Ketua Pogram Profesi Guru (PPG) Universitas Almuslim.

Sebelum menjabat Dekan FKIP UNIKI, Muhammad Ilyas pernah memimpin Dinas Pendidikan Kota Lhokseumawe dan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh.

Rektor UNIKI, Dr H. Marwan Hamid, MPd dalam sambutannya menyebutkan, pengukuhan atau pelantikan pejabat di lingkungan perguruan tinggi merupakan hal biasa.

“Dalam sebuah manajemen, mutasi atau pelantikan itu adalah hal biasa sebagai upaya meningkatkan pelayanan bagi mahasiswa dan masyarakat,” sebut Marwan Hamid.

Menurut Rektor Marwan Hamid, dengan dikukuhkan Dr Muhammad Ilyas sebagai Dekan FKIP, akan membawa suasana baru di lingkungan UNIKI. “Apalagi, beliau seorang praktisi dan akadeisi yang telah malang melintang di dunia pendidikan,” katanya.

Ia mengharapkan, dengan berbekal pengalaman dan koneksi dimiliki Muhammad Ilyas, dapat mengabdikan ilmunya untuk kemajuan UNIKI.

“Saya menyampaikan selamat bergabung di UNIKI Bapak Dr Muhammad Ilyas Wahab Gam. Dan terimakasih kepada Bapak Rezeki Muammar yang telah mengabdi sebagai Dekan FKIP selama ini,” ucap Marwan Hamid.

Ilyas Wahab Gam, Dekan FKIP UNIKI

Pada kesempatan itu, Pembina Yayasan Kebangsaan, Dr. H. Amiruddin Idris, SE MSi turut memberikan sambutan.

Kata Amiruddin Idris yang juga mantan Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen, bahwa Muhammad Ilyas adalah putra asli Kabupaten Bireuen.

“Beliau lahir di Peusangan. Pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Lhokseumawe dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh. Dan selama ini menjadi dosen tetap di UNIKI yang homebase di Program Magister Manajemen (S2),” jelas Amiruddin Idris.

Walaupun Muhammad Ilyas berlatar belakang pendidikan di bidang ekonomi, kata Amiruddin, namun kiprahnya selama ini adalah di dunia pendidikan.

“Biarpun S1 sampai S3 di bidang ekonomi, tapi beliau selama ini berkiprah di bidang pendidikan,” pungkasnya. (Rizanur)

BAGIKAN