Humaira Liska

KABAR BIREUEN – Berasal dari gampong (desa), bukan halangan bagi sesorang untuk maju dan berprestasi. Buktinya, Humaira Liska yang berasal dari Gampong Cot Bada Tunong, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen, bisa meraih prestasi tingkat nasional.

Baru-baru ini, Humaira Liska terpilih sebagai salah satu pemenang lomba tulis cerpen tingkat nasional yang diadakan salah-satu penerbit pada awal Mei 2021. Humaira berhasil meraih juara 4 tulisan terbaik dari 28 tulisan yang dibukukan oleh penyelenggara.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Flawless Publishers yang berlangsung secara online dan terbuka secara Nasional.

Humaira Liska saat ini aktif sebagai mahasiswi semester dua Jurusan Administrasi Bisnis, Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen.

Maira, begitu sapaan akrabnya, selama ini memang sudah pernah meraih berbagai prestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Maira juga memiliki hobi membaca dan menulis.

Karena hobinya tersebut, dia memutuskan mempublikasikan karyanya di sebuah aplikasi membaca/menulis. Salah satu karya Maira yang populer ialah cerpen yang berjudul “I’m Stuck Your Memories” dalam antologi cerpen bertemakan kenangan.

“Saya sangat senang menulis. Ada beberapa tulisan yang saya publikasikan di aplikasi dan antologi cerpen. Karena sering membuat tulisan-tulisan tersebutlah, saya bisa memenangkan lomba cerpen tingkat nasional itu,” ungkap Maira kepada penulis, Kamis (27/5/2021).

Atas prestasi membanggakan tersebut, Maira mengaku sangat senang dan bersyukur. Sebab, dirinya sudah bisa mengharumkan nama Universitas Almuslim di kancah nasional.

“Alhamdulillah, saya juga mendapat beasiswa penuh yaitu kuliah gratis dari awal kuliah sampai tamat,” ujar gadis kelahiran 3 November 2000 ini.

Menurut Maira, menjadi seorang penulis dan membagikan tulisan tersebut adalah cita-citanya. Selain itu, aktif di organisasi membuat pengembangan dirinya semakin hari semakin jauh lebih baik.

Selain menekuni hobi menulis dan membaca, anak keempat dari lima bersaudara pasangan Idris dan Samsulwati, ini juga aktif di organisasi kampus, tepatnya di Himpunan Mahasiswa Administrasi Bisnis (HIMABIS). (Rahmadsyah Harahap/Jurnalis Warga)