KABAR BIREUEN – Anggota DPR RI Fraksi PKB, H.Ruslan M. Daud (HRD) didampingi Usman Sulaiman (Anggota DPRK Bireuen dari PKB), mendonorkan darah pada acara gerakan donor darah bersama yang dilaksanakan organisasi sosial asal Bireuen, ASOKAYA, di kawasan Alun-alun Kota Bireuen, Senin (20/4/2020).

Dalam kesempatan tersebut, HRD mengatakan, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, sangat dianjurkan bagi yang ingin hidup sehat.

Karena itu, dia mengajak masyarakat Aceh untuk mendonorkan darah secara rutin. Di samping bermanfaat untuk kesehatan pribadi, sebutnya, juga dapat membantu orang lain yang membutuhkan darah.

“Selain itu, kegiatan bonor darah ini juga dapat menumbuhkan kepedulian terhadap sesama. Terutama, dalam bidang kesehatan serta mensosialisasikan tentang pentingnya donor darah dan manfaat yang didapatkan bagi sang pendonor sendiri,” jelas HRD.

Anggota Komisi V DPR RI ini juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus ASOKAYA yang telah berinisiatif melaksanakan gerakan sosial di masa sulit ini. Donor darah tersebut, katanya, adalah wujud kepedulian dan bagian dari gerakan kemanusiaan yang sangat patut kita dukung bersama.

“Menurut WHO kebutuhan darah Indonesia mencapai 5,2 juta kantong per tahun. Gerakan teman-teman pengurus ASOKAYA ini merupakan bahagian dari upaya memenuhi kebutuhan darah tersebut,” ungkap Bupati Bireuen periode 2012-2017 tersebut.

Koordinator Forum Silaturrahmi Komunitas Bireuen Sedunia (ASOKAYA), Kaspul Adam, menyampaikan terima kasih  kepada HRD yang telah berkenan menyediakan waktu menghadiri acara ini.

“Kehadiran HRD dan ikut mendonorkan darahnya, semakin memotivasi kami untuk terus berikhtiar membangun gerakan kemanusian,” ujar Kaspul

Menurut Kaspul, aksi donor darah hari ini mampu mengumpulkan 115 kantong darah. Darah tersebut diserahkan kepada instansi terkait untuk dipergunakan bagi masyarakat yang membutuhkannya. (Suryadi)

 

BAGIKAN