Psara Murah Pemkab Bireuen hari terakhir digelar di Kasawan Langgar Square, Kota Juang Bireuen

KABAR BIREUEN – Untuk meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok dengan harga lebih murah di bulan Ramadhan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM setempat bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh, menggelar pasar murah di empat kecamatan dalam Kabupaten Bireuen.

Sebagai hari terakhir di Kecamatan Kota Juang, pasar murah itu dilaksanakan di Langgar Square (kawasan Rek), Gampong Bandar Bireuen, Sabtu (16/5/2020).

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Bireuen, Ir Alie Basyah melalui Kabid Perdagangan, Azhar SE kepada wartawan mengatakan, ada empat jenis komoditi barang pokok yang dijual yaitu beras, minyak goreng, tepung terigu dan telur ayam.

Masing-masing jenis barang tersebut tentunya dijual dengan harga murah, karena masing-masing jenis barang tersebut mendapat subsidi dari pemerintah.

Dirincikannya, 4 jenis komoditi barang pokok yang dijual yaitu beras premium ukuran 10 kg Rp 85 ribu per zak, telur ayam Rp 30 ribu per papan, minyak goreng Rp 22 ribu ukuran 2 liter dan tepung terigu Rp 7 ribu per kilogram.

“Pasar Murah ini sebelumnya sudah kita gelar di Kecamatan Samalanga, Kuta Blang, Makmur, dan hari ini terakhir di Kecamatan Kota Juang,” ujar Azhar.

Penyelenggaraan pasar murah ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan meringankan mereka dalam membeli barang pokok dengan yang lebih murah daripada harga di pasaran.

Selain itu, pelaksanaan pasar murah tersebut diharapkan dapat menstabilkan harga barang pokok di pasaran yang saat ini harganya masih jauh di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Pihaknya mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat berbelanja, dengan memakai masker dan menjaga jarak (phisical distancing), sebagai upaya memutus rantai penularan Covid-19,” pungkas Kabid Perdagangan, Disperindag dan UKM Bireuen ini.

Pantauan Kabar Bireuen di lokasi, pasar murah tersebut banyak diserbu masyarakat dengan tertib dan tetap memakai masker. Mereka sangat antusias membeli bahan kebutuhan pokok itu dengan harga agak murah. (Herman Suesilo /*)

BAGIKAN