KABAR BIREUEN – Hari meugang Puasa, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha merupakan tradisi penting bagi mayarakat di Aceh. Meskipun saat ini sedang dilanda wabah virus corona (covid-19), tradisi meugang di Bireuen dan sekitarnya masih berlangsung seperti biasa.

Pantauan Kabar Bireuen di pasar tradisional meugang kota Bireuen jumlah pedagangnya berkurang dari jumlah pedagang daging meugang sebelum dilanda covid-19, lantaran banyak pedagang daging meugang yang menjual daging meugang di desanya masing-masing tidak dipusatkan di kota Bireuen.

Pasaran daging megugng hari pertama Rabu (22/4/2020) dan megang hari kedua Kamis (23/4/2020) harga daging kualitas nomor satu, daging paha belakang, daging baba, hati sapi Rp 170 ribu perkilogram, sedangkan kualitas daging nomor dua Rp 160 ribu per kg.

Hingga Kamis siang daging meugang yang dipasarkan di pasar tardisionil kota Bireuen dan desa-desa sekitarnya laris cepat habis terjual, karena jumlah pedagangnya berkurang dibandingkan dengan jumlah pembeli yang masih banyak.

Amatan Kabar Bireuen lantaran harga daging meugang masih bertahan Rp 170 ribu per kg dalam situasi ekonomi masyarakat sedang kritis  terkena imbas covid-19 banyak ibu-ibu rumah tangga beralih membeli ayam potong harganya Rp 55 ribu per ekor (berat 2 kg). (H.AR Djuli)

BAGIKAN