KABAR BIREUEN – Hari meugang masih menjadi tradisi sakral setiap menjelang puasa, Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Di hari meugang tersebut bagi warga yang berkemampuan, biasanya membeli daging meugang secukupnya. Sedangkan bagi masyarakat kurang mampu, membeli daging meugang alakadarnya agar dapat dinikmati bersama keluarga.

Pantauan Kabar Bireuen di pasar tradisionil Bireuen dan Matangglumpangdua, 11-12 Mei 2021, harga daging meugang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mencapai Rp 170 ribu per kg untuk daging kualitas nomor satu, yaitu daging paha belakang, baba dan hati. Sedangkan harga limpa Rp 100 ribu per kg.

Antusias masyarakat membeli daging meugang lebaran ini, masing tergolong tinggi. Hingga menjelang siang tadi, di sejumlah lapak sudah habis terjual dagingnya. Walaupun masih ada juga yang tersisa, dagingnya tinggal yang berkualitas rendah.

Harga daging meugang Hari Raya Fitri kali ini, memang masih sama dengan harga daging meugang menyambut Puasa Ramadhan dan tahun-tahun sebelumnya. Harganya masih tergolong mahal, apalagi dalam kondisi sekarang, masyarakat sangat kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. (H. AR Djuli)