KABAR BIREUEN – Anggota Komisi VII Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPR-RI Drs H Anwar Idris menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Ruang Kreatif Centre (Gedung MA Jangka) Umuslim, Sabtu (19/9/2020)

Sosialisasi empat pilar kebangsaan tersebut dihadiri 70 peserta dari unsur tokoh masyarakat, pemuda dan petani dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Peserta wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak tempat duduk.

“Karena masa pandemi ini, peserta kita batasi. Biasanya sampai 200 orang yang diundang,” kata Drs H Anwar Idris di awal pembukaan acara.

Kata Anwar Idris, setiap Anggota DPR-RI/ MPR-RI wajib melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dalam situasi apapun.

“Sosialisasi ini demi menjaga keutuhan persatuan berbangsa dan bernegara,” sebutnya.

Anwar Idris yang sudah dua periode menjabat Anggota DPR-RI mewakili Dapil Aceh 2 menyebutkan, empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada generasi bangsa Indonesia. Karena, banyak kepentingan bangsa lain terhadap Indonesia di era globalisasi yang dapat melunturkan pemahaman kebangsaan kita.

“Empat pilar kebangsaan ini harus kita maknai sebagai alat untuk membangun bangsa kita sendiri,” sebut politikus senior yang pernah menjabat Anggota DPR Aceh periode 2009-2014.

Lanjutnya, beberapa poin penting yang terdapat dalam empat pilar kebangsaan tersebut mencakup, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kesemua poin empat pilar kebangsaan tersebut digali dari akar masyarakat Indonesia, sehingga bisa menjadi pedoman hidup,” paparnya.

Terakhir ia menjelaskan kepada peserta, bahwa dasar hukum pelaksanaan sosialisasi empat pilar kebangsaan adalah UU nomor 17 tahun 2014 jo UU nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. (Rizanur)

BAGIKAN