KABAR BIREUEN – Pengusaha Galian C di Bireuen, M. Yudi Pratama, menggelar kenduri tahunan (syukuran) di Base Camp Cingkloet Putra Perkasa (CPP), Dusun Bivak, Gampong Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Jumat (22/1/2021).

Acara kenduri tahunan yang diawali dengan doa bersama ini, juga dirangkai dengan aksi sosial dan penyantunan puluhan anak yatim.

Selain warga dusun setempat, acara syukuran tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dari kabupaten dan tokoh masyarakat serta Imum Syiek Salah Sirong Jaya, Kecamatan Jeumpa (tetangga Dusun Bivak, Gampong Krueng Simpo).

Para undangan menikmati kenduri yang disediakan panitia, setelah sebelumnya puluhan anak yatim menerima santunan yang diserahkan oleh M Yudi Pratama selaku pemilik usaha galian C tersebut. Kemudian, penyerahan santuan ini dilanjutkan oleh M. Ali Ahmad, SH (Pengacara di Bireuen) dan peutua dusun setempat.

Dalam kesempatan tersebut, dipeusijuek (ditepungtawari) beberapa alat berat jenis becko (ekskavator), termasuk pengusahanya, operator dan karyawan CPP oleh Tgk Husaini Hamid.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Yudi Pratama mengatakan, pelaksanaan kenduri ini merupakan agenda tahunan, sejak usaha miliknya itu memperoleh izin resmi Golongan C yang dikeluarkan Dinas Pertambangan Aceh, sekitar lima tahun lalu.

“Golongan C, IUP/OP atas nama Yudi Pratama waktu itu,  merupakan satu-satunya yang memiliki izin Wilayah Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen,” jelas pengusaha muda yang akrab disapa Toke Cingkloet ini.

Sebagai pemilik izin resmi, dia berharap kepada koleganya yang mengusahakan penambangan Sirtu (pasir dan batu) di Kabupaten Bireuen, agar dapat menempuh prosedur sesuai aturan yang berlaku, untuk menjaga ekosistem sungai.

Harapannya itu, menurut Yudi, agar tidak terjadi penanambangan liar yang bisa merusak sungai. Sealian itu, juga perlu mendapat surat izin dari Muspika, maupun surat izin dari desa untuk bisa melakukan penambangan.

“Bukan hanya dengan mengandalkan izin eksplorasi dari Provinsi Aceh, seakan-akan itu sudah mengantongi izin operasional,” terang Yudi Pratama.

Menurut seorang warga Bivak, Budiman Abd, kehadiran Yudi Pratama yang juga putra daerah Kecamatan Juli ini, sangat menguntungkan masyarakat setempat.

Betapa tidak, kehadiran pengusaha di lokasi itu, telah dapat menampung pekerja lokal. Selain itu, keberadaan usaha Galian C di kawasan itu juga telah menjadikan jalan setapak menjadi  jalan desa yang lebih baik.

”Dulunya itu hanya jalan setapak. Tapi, sejak lima tahun terakhir, jalan tersebut sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat. Inilah yang membuat kami senang dan gembira,” ungkap Budiman.

Sementara Keuchik Salah Sirong Jaya, Yusri AR, yang hadir pada acara syukuran tahunan CPP tersebut, mengaku, sangat bangga dan gembira, karena Yudi Pratama sangat peduli kepada desanya dan Dusun Bivak yang juga masuk dalam kawasan desa tetangganya.

Karena itu, Keuchik Yusri AR menyatakan, mendukung sepenuhnya kehadiran Yudi Pratama yang membuka usaha Galian C di kawasan tersebut. Mengingat, kebutuhan yang menjadi hak kedua desa itu, selalu dipenuhinya.

”Kewajiban sebagai pemegang izin resmi, selalu ia penuhi. Meski dalam waktu tertentu, usahanya itu tidak beroperasi,” ujar keuchik yang akrab disapa Pawang Kabare ini. (Suryadi)