KABAR BIREUEN – Untuk meningkatkan kapasitas para pemuda tentang pengetahuan agama, Gampong Keude Lapang, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen, menggelar pelatihan Imam shalat rawatib dan Tajhiz mayit yang berlangsung di meunasah setempat mulai, Selasa ( 7/7/2020 ).

Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan Gandapura, Tgk. Anwar Nazar, S.Ag dalam sambutan saat membuka acara mengatakan, pelatihan ini sangat bermamfaat sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam memimpin shalat berjamaah dan tata cara melaksanakan fardhu kifayah.

“Bagi imam shalat pelatihan ini sangat penting terutama menyangkut bacaan ayat- ayat Alqur’an dan diharapkan akan semakin fasih,” ujar Tgk. Anwar Nazar.

Pada kesempatan lain, Keuchik Keude Lapang, Nurdin Bin Dagang saat menyampaikan sambutan mengharapkan, pelatihan ini agar menjadi pembelajaran untuk menambah pengetahuan serta sarana pengkaderan bagi generasi muda .

“Pelatihan ini sebagai wadah pembelajaran untuk menciptakan kader bagi generasi muda agar bisa tampil memimpin shalat dan terampil tentang tata cara mengurus mayit,” kata Nurdin Dagang.

Sementara itu ketua Majlis Permusyawaratan Ulama ( MPU) Kecamatan Gandapura, Tgk.H.M.Yusuf Ali mengapresiasi pemerintah gampong Keude Lapang yang telah melaksanakan kegiatan ini dan perlu terus menerus lakukan terutama kepada generasi muda .

“Bagi yang telah memiliki kemampuan dasar menjadi imam harus kita berdayakan, sehingga nantinya bisa menjadi imam shalat yang berkualitas,” ungkap Abon Cot Puuk.

Syeh Mulyadi, ketua panitia pelaksana kepada Kabar Bireuen menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan.memggunakan dana desa dan berlangsung hingga Kamis ( 9/7/2020).

Selama kegiatan, peserta akan dibekali dengan materi ilmu tajwid oleh Tgk. Ismail Wahi dan Tgk.Saifu Amri menyampaikan materi tata cara fardhu kifayah .

“Pada hari terakhir semua peserta akan melakukan praktek pengurusan jenazah dan imam shalat,” jelas Syeh .

Turut hadir pada acara pembukaan, Anggota DPRK Bireuen, H.Ismail Adam, tokoh masyarakat Gandapura, H.M.Amin Hamzah , perangkat gampong dan masyarakat setempat. (Faisal Ali)

BAGIKAN