KABAR BIREUEN-Eddie Foundation berkerjasama dengan Organisasi Konferensi Pemuda Negara Islam (Pemuda OKI), donatur utama PT. Imza Rizky Jaya dan sejumlah donatur lainnya menyalurkan ratusan paket bantuan perlengkapan shalat, Senin, (8/6/2020).

Bantuan yang disalurkan seperti kain sarung, mukena, dan lainnya untuk masyarakat Aceh dan sejumlah pesantren di kawasan Aceh Utara dan Bireuen.

Kerjasama ini terjalin dengan baik antara lembaga kemanusiaan Eddie Foundation dan organisasi pemuda OKI untuk membantu masyarakat Aceh dan para santri yang berada di sejumlah pesantren yang membutuhkan bantuan perlengkapan shalat tersebut.

Apalagi di tengah-tengah kondisi pandemi Covid-19 yang membatasi kegiatan sosial masyarakat Indonesia, Aceh khususnya.

Direktur Eddie Foundation Dr(Cn). Teuku Eddy Faisal Rusydi, menyampaikan,
Covid 19 telah berdampak serius bagi perekonomian dan kondisi sosial masyarakat, baik di pulau Jawa maupun rakyat Aceh sendiri.

Oleh karena itu, lembaga kemanusiaan Eddie Foundation menginisiasi kerjasama lintas negara dan pengusaha untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan guna menjawab kebutuhan dan tuntutan hidup masyarakat.

Eddie Foundation menggandeng PT. Imza Rizky Jaya hingga organisasi pemuda OKI dalam merealisasilan bantuan kemanusiaan ini.

Selama dua bulan terakhir, lembaga kemanusiaan Eddie Foundation beesama donatur utama dan sejumlah donatur lainnya telah menyalurkan  bantuan di Indonesia dan luar negari.

Bantuan yang disalurkan pun cukup beragam, mulai dari kebutuhan hidup berupa sembako, masker, takjil berbuka puasa, keperluan ibadah, perahu nelayan, hingga bantuan rumah kaum dhu’afa dan bangunan pesantren.

Lebih dari itu, lembaga ini juga ikut memperhatikan masyarakat Aceh berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas disamping santunan terhadap falir miskin dan anak yatim.
Pungkas Direktur Eddie Foundation.

Akmal Rusli, Juru Bicara Eddie Foundation yang juga salah seorang pengurus Nasional OIC Youth Indonesia menuturkan bahwa, dalam kesempatan ini Eddie Foundation berkerjasama dengan Organisasi pemuda Kerjasama Negara Negara Islam Indonesia (OIC Youth Indonesia) yang merupakan perpanjangan tangan dari Pemuda OKI Dunia, atau Islamic Cooperation Youth Forum yang berkantor Pusat di Istanbul,Turki.

“OIC Youth atau yang dikenal dengan Pemuda OKI, memiliki cabang dan Jaringan di 57 negara islam di dunia. Sedangkan chapter Indonesia OIC Youth Indonesia berkantor di kawasan Tebet, Jakarta,” ungkap Akmal Rusli.

Menurut Sekretaris-Jenderal OIC Youth Indonesia, Astrid Nadya Rizqita, ini adalah salah satu dari berbagai aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh anggota OIC Youth Indonesia dalam perang melawan COVID-19, khususnya di bidang kesehatan dan sosial.

“Sejak awal masa karantina pada Maret hingga bulan Ramadan dan pasca lebaran ini, gerakan dan aliansi serupa di bidang kesehatan dan sosial telah diprakarsai oleh para pengurus kami diantaranya di Jakarta, Aceh, Bogor, Depok, Medan, dan Tangerang,” ungkapnya.

“Selain kegiatan offline, berbagai kegiatan online juga telah dilaksanakan sejak Maret hingga bulan Ramadan dengan berbagai tema khususnya berbagi best practices dan pengalaman mengatasi Covid-19.

“Kegaitan tersebut dihadiri pembicara-pembicara dari berbagai lembaga pemerintah maupun non pemerintah seperti KADIN Indonesia, BPP HIPMI, HIPMI JAYA, Kemenpora, ICYF (Pemuda OKI Dunia), tokoh-tokoh nasional dan internasional seperti Sandiaga Uno, Syed Saddiq, dan perwakilan pemuda dari lebih dari 30 negara lainnya,” tuturnya.(REL)

BAGIKAN