KABAR BIREUEN – Dosen Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen melakukan pendampingan penerapan lesson study bagi guru PAUD di TK Negeri Ruhul Fata dan TK Negeri Idhata, Selasa (24/7/2018).

Lesson study tersebut merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan guru secara kolaboratif. Dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan. Seperti melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran dan melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran

Kegiatan pendampingan penerapan lesson study bagi guru PAUD ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM) yang didanai Ristekdikti pada tahun 2018. Sebelum melakukan penerapan lesson study di kelas, guru PAUD terlebih dahulu diberikan pengetahuan tentang lesson study, melalui kegiatan workshop lesson study yang sudah dilaksanakan pada 12-14 April 2018.

Tim Dosen FKIP Universitas Almuslim yang mendampingi penerapan lesson study ini berjumlah tiga orang. Mereka terdiri dari Asrul Karim, M.Pd, sebagai Ketua Tim PKM Universitas Almuslim, Nurmina, M.Pd dan Fuaziatul Halim, M.Pd, Kepala Prodi PG PAUD. Sedangkan guru PAUD yang didampingi dalam penerapan lesson study tersebut berjumlah 19 orang.

Ketua Tim PKM yang juga Dosen Prodi PG PAUD, Asrul Karim, M.Pd, mengatakan, kegiatan penerapan lesson study ini merupakan model pembinaan profesi guru melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkesinambungan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas serta mutual learning untuk membangun komunitas belajar.

“Kami harapkan pelaksanaan pendampingan lesson study pada tingkat PAUD ini, dapat mengembangkan kompetensi guru PAUD dalam menciptakan lingkungan belajar yang fun dan berpihak pada anak prasekolah,” kata Asrul, Selasa (24/7/2018).

Ketua Program Studi PG PAUD Universitas Almuslim Ibu Fauziatul Halim, M.Pd. dalam pembukaan acara pada pedampingan lesson study di TK Negeri Ruhul Fata mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan bukan hanya untuk pemberian pelatihan dan pendampingan saja melainkan juga membangun hubungan yang lebih faktual dan konkret agar pengembangan prodi PG PAUD lebih terarah dan sejalan dengan keinginan masyarakat di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan pendampingan lesson study selama tiga bulan (Mei s.d. Juli 2018) untuk menjadikan guru PAUD sangat terbuka dalam melakukan sharing dengan Tim PKM lesson study tentang bagaimana mengelola pembelajaran yang menyenangkan di PAUD.

Kepala TK Negeri Ruhul Fata dan TK Negeri Idhata memberikan respon yang sangat positif. Salliani, S.Pd, Kepala TK Negeri Ruhul Fata, mengatakan, dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan lesson study ini.

“Senang sekali dengan adanya pendampingan ini memudahkan kami para guru-guru dalam melakukan pembelajaran,” kata Salliani.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala TK Negeri Idhata, Naina Munacia, S.Pd. Ia mengatakan, lesson study tersebut merupakan suatu hal yang baru bagi guru PAUD. Baru kali ini mereka mendengar istilah lesson study.

“Dengan adanya kegiatan ini, dapat menjadi ilmu baru bagi kami,” kata Naina seusai mengikuti acara pendampingan tersebut.

Proses pendampingan penerapan lesson study ini, dilaksanakan mulai dari plan, do, see (tahapan lesson study). Pelaksanaan setiap tahapan tersebut di sekolah, selalu didampingi dosen Universitas Almuslim dari Tim PKM. Tim PKM dan guru berperan sebagai observer pada pelaksanaan lesson study oleh guru model.

Kegiatan observasi kelas juga dihadiri Misnar, MA, perwakilan dosen FKIP Universitas Almuslim yang juga alumni Short Term Training On Lesson Study (STOLS). Ia juga pernah mengikuti pelatihan Institute of Teacher Training and Education Personnel (ITTEP) yang diselenggarakan oleh JICA di Tokyo, Jepang.

Dengan adanya kegiatan lesson study di TK Negeri Ruhul Fata dan TK Negeri Idhata ini, dapat mengispirasi para guru PAUD lainnya di Kabupaten Bireuen, untuk menerapkan lesson study. Dengan begitu, pembelajaran yang diterapkan lebih menyenangkan bagi murid PAUD dan terciptanya kolegalitas guru PAUD dalam mengelola pembelajaran. (REL)

 

 

BAGIKAN