KABAR BIREUEN-Tim Gabungan yang dipimpin Kasatpol PP dan WH Biteuen, Chairullah Abed SE melakukan penertiban lapak pedagang yang berjualan di atas taman di sepanjang Jalan T Hamzah Bendahara depan Rumah Sakit Umum dr Fauziah Bireuen dan kawasan VOA Bireuen, Kamis (2/7/2020).

Penertiban yang dilakukan petugas Satpol PP dan WH Bireuen, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, dari Polsek Kota Juang, TNI dan POM TNI berlangsung lancar dan aman.

Pantauan Kabar Bireuen, tak ada perlawanan dari pedagang, malah ada sebagian dari mereka membongkar sendiri lapak jualannya di atas taman tersebut.

Kayu-kayu bongkaran tersebut kemudian dinaikkan ke truk Satpol PP danWH dan mobil Dinas Lingkungan Hidup Bireuen lalu dibawa ke Meuligoe Bireuen. Bagi pedagang yang mau mengambilnya kembali, pihak Satpol PP mempersilahkannya.

Penertiban di Jalan T Hamzah Bendahara Depan RSUD dr Fauziah Bireuen

Usai dibongkar, di areal taman langsung ditanami bunga oleh petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bireuen.

Kasatpol PP dan WH Bireuen, Chairullah Abed menyebutkan, penertiban tersebut sebagai tindak lanjut dari arahan dan perintah Bupati Bireuen untuk menata kembali Bireuen dari Simpang Adam Batre sampai Simpang Arjun, lalu sekitar Simpang WD Cafe hingga seputaran depan rumah sakit Bireuen..

“Sebelum dilakukan penertiban, terlebih dulu pedagang telah disurati oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup dan diberi waktu selama beberapa hari. Dan hari ini kita lakukan penertiban,” sebut pria yang ajrab disapa Chaidir Abed itu.

Pada penertiban kali ini, dibagi menjadi dua tim, sebagian fokus di kawasan Jalan T Hamzah Bendahara di depan rumah sakit Bireuen dan sebagian lagi di Kawasan VOA menertibkan sisa lapak pedagang yang belum dibongkar pada penertiban sebelumnya.

“Kita bukan menghalangi pedagang mencari rezeki, namun mereka harus mentaati aturan, dimana yang boleh berjualan atau tidak.Tak boleh berjualan di pinggir jalan dan di areal taman,” tegasnya.

Setelah ini, pihaknya akan kembali melakukan penertiban di pasar lama dan areal parkir di sejumlah cafe di Kota Bireuen.

Sementara itu, Kabid Trantib Riza Wiradarma BA, alias Bang Max menyebutkan, penertiban lapak penjual di depan toko di kawasan VOA karena mereka juga telah mengambil lahan parkir untuk berjualan. (Ihkwati)

BAGIKAN